Pengembangan Lembar Kerja Siswa pada Materi Kalor dan Teori Kinetik Gas untuk Meningkatkan Literasi Baru Siswa Kelas XI SMA

Syarafina, R (2021) Pengembangan Lembar Kerja Siswa pada Materi Kalor dan Teori Kinetik Gas untuk Meningkatkan Literasi Baru Siswa Kelas XI SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_SYARAFINA_R_16033063_495_2020.pdf

Download (691kB) | Preview

Abstract

Abad 21 menuntut SDM yang tanggap dan sigap untuk menghadapi persaingan. Kurikulum 2013 revisi 2017 mernpakan upaya untuk menyongsong kehidupan abad 21, bertujuan mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, berkolaborasi dan berkomunikasi. Namun, kenyataan dilapangan literasi siswa di sekolah masih rendah dan kegiatan literasi dalam pembelajaran belum berjalan dengan baik. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah mengembangkan LKS untuk meningkatkan literasi baru. Tujuan penelitian ini menentukan validasi, kepraktisan dan efektivitas penggunaan LKS fisika. Jenis penelitian yang dilakukan Research and Development (R&D). Objek penelitian ini adalah LKS fisika materi kalor dan teori kinetik gas yang diuji coba terbatas pada satu kelas XI. Sumber data dari penelitian ini adalah tim validator meliputi dosen fisika FMIPA dan siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Nan Sabaris sebagai pengguna LKS. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah: lembar validasi, lembar praktikalitas, lembar efektivitas berupa tes hasil belajar dan penilaian keterampilan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif terhadap validasi dan kepraktisan produk, analisis uji berkolerasi untuk aspek pengetahuan dan uji wilcoxon untuk keterampilan. Berdasarkan analisis data dikemukakan tiga hasil penelitian. Pertama, LKS dengan nilai validasi 89,66 kategori baik sekali. Kedua, LKS fisika dengan nilai kepraktisan 89,77 kategori baik sekali. Ketiga, penggunaan LKS fisika efektif dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan kompetensi pengetahuan dan keterampilan siswa. Jadi dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa LKS fisika materi kalor dan teori kinetik gas valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan literasi barn siswa kelas XI SMA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 20 Apr 2021 01:20
Last Modified: 20 Apr 2021 01:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31146

Actions (login required)

View Item View Item