Pembuatan Handout Mobile Learning Berbasis Android untuk Pembelajaran Fisika pada Materi Gerak Parabola dan Gerak Melingkar di Kelas X SMA/MA"

Prisma, Muhammad (2021) Pembuatan Handout Mobile Learning Berbasis Android untuk Pembelajaran Fisika pada Materi Gerak Parabola dan Gerak Melingkar di Kelas X SMA/MA". Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_MUHAMMAD_PRISMA_14033090_28_2020.pdf

Download (699kB) | Preview

Abstract

Memasuki abad ke-21, IPTEK berkembang dengan sangat pesat, termasuk bidang pendidikan melalui upaya pemerintah untuk terns mengembangkan kurikulum terbaru yakni kurikulum 2013 revisi yang menuntut penggunaan TIK secara implisit dalam proses belajar. Namun, kenyataan dilapangan dan menurut hasil penelitian data statistik sekunder, penggunaan TIK dalam pembelajaran masih rendah. Bahan ajar disekolah masih banyak berbentuk bahan ajar cetak yang berisi materi serta soal-soal. Bahan ajar yang memanfaatkan teknologi masih dalam bentuk yang terpisah-pisah seperti video, animasi, gambar, yang belum dikemas dalam satu kesatuan. Oleh karena itu, perlu pembuatan suatu bahan ajar yang sederhana seperti handout yang berbasis aplikasi android pada perangkat smartphone untuk materi gerak parabola dan gerak melingkar yang valid. Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi yang menggabungkan pendekatan kualitatif dan kuantitatif secara bersama-sama dalam kegiatan penelitian. Produk disusun dengan menggunakan langkah-langkah penyusunan handout sesuai dengan Depdiknas(2008) . Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tampilan, konten, serta kelayakan(validitas) produk handout mobile learning berbasis android. Validasi produk dilakukan dua kali oleh tiga orang dosen fisika UNP dan satu guru SMAN 1 Padang. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan dua hasil penelitian. Pertama, penelitian ini menghasilkan produk berupa handout mobile learning berbasis aplikasi android yang memuat teks, suara, gambar, animasi, dan video. Sedangkan kedua adalah hasil uji validitas yang dilakukan dua kali, dengan rata-rata nilai validitas pertama adalah 86,93% dengan kriteria sangat valid dan rata-rata nilai validitas kedua adalah 94,49% dengan kriteria sangat valid sehingga dapat disimpulkan bahwa produk penelitian ini sangat layak digunakan dalam pembelajaran fisika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 20 Apr 2021 01:19
Last Modified: 20 Apr 2021 01:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31134

Actions (login required)

View Item View Item