Analisis Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Materi Laju Reaksi di SMAN 7 Padang

Wulandari, Cindi (2021) Analisis Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Materi Laju Reaksi di SMAN 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_CINDI_WULANDARI_15035096_403_2020.pdf

Download (629kB) | Preview

Abstract

Materi laju reaksi merupakan materi yang dipelajari peserta didik SMA di kelas XI semester ganjil. Pada materi ini, 50,62% peserta didik kelas XI IPA di SMAN 7 Padang belum mampu mencapai kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan. Hal ini mengindikasikan bahwa peserta didik mengalami kesulitan dalam pemahaman konsep. Pemahaman konsep merupakan aspek yang penting dalam pembelajaran, karena peserta didik dapat mengembangkan kemampuannya dalam setiap materi pembelajaran apabila sudah memahami konsep. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk menentukan tingkat pemahaman konsep peserta didik pada materi laju reaksi dan menentukan faktor penyebab kurangnya pemahaman konsep peserta didik dari segi cara dan fasilitas belajar. Sampel penelitian ini adalah 33 orang peserta didik kelas XI IPA 1 SMAN 7 Padang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes diagnostik, angket dan wawancara. Dari keseluruhan data basil penelitian diperoleh bahwa peserta didik SMAN 7 Padang memiliki tingkat pemahaman konsep pada materi laju reaksi dengan kategori sedang. Tingkat pemahaman kategori rendah terdapat pada indikator pembelajaran yaitu pengaruh katalis terhadap laju reaksi berdasarkan teori tumbukan, orde reaksi, persamaan laju reaksi, tetapan laju reaksi, laju reaksi berdasarkan hasil percobaan, dan grafik yang menyatakan hubungan konsentrasi terhadap laju reaksi. Kurangnya pemahaman konsep peserta didik pada materi Laju Reaksi dari segi cara belajar disebabkan peserta didik kurang mengulang kembali materi yang sudah dipelajari, dan kurang dalam mempersiapkan materi sebelum mempelajarinya disekolah. Sedangkan dari segi fasilitas belajar disebabkan oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 19 Apr 2021 02:19
Last Modified: 19 Apr 2021 02:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31130

Actions (login required)

View Item View Item