Analisis Integrasi Aspek Keterampilan Proses Sains (KPS) dalam Buku Teks Pelajaran Fisika SMA Kelas X Semeseter 2

Virijai, Febrian (2021) Analisis Integrasi Aspek Keterampilan Proses Sains (KPS) dalam Buku Teks Pelajaran Fisika SMA Kelas X Semeseter 2. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_FEBRIAN_VIRIJAI_16033093_647_2020.pdf

Download (742kB) | Preview

Abstract

Keterampilan Proses Sains (KPS) merupakan keterampilan yang memfasilitasi peserta didik menemukan fakta, menentukan konsep serta mengaplikasikan teori dalam kehidupan sehari-hari. Pada kenyataannya di dalam kelas pelaksanaan keterampilan proses ini masih rendah. Selain rendahnya keterlaksanaan KPS, buku teks pelajaran yang digunakan oleh SMA di Sumatera Barat belum diketahui nilai KPSnya. Solusi dari masalah tersebut adalah mengetahui buku mana yang memiliki nilai aspek KPS tinggi yang akan digunakan di dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai KPS pada buku teks pelajaran Fisika yang digunakan oleh SMA di Sumatera Barat dan mengetahui buku mana yang terbaik dalam sajiannya terkait KPS. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Populasi penelitian ini yaitu seluruh buku teks pelajaran Fisika SMA Kelas X Semester 2 yang digunakan di Sumatera Barat. Sampel penelitian adalah empat buku terbanyak yang digunakan di SMA Sumatera Barat. Instrumen penelitian menggunakan 10 komponen KPS yang dijabarkan menjadi 37 indikator KPS. Hasil validasi terhadap instrumen analisis yang digunakan menunjukkan bahwa instrumen analisis memiliki nilai validitas sangat tinggi. Hasil penelitian diperoleh bahwa buku yang digunakan oleh SMA di Sumatera Barat memiliki 1 sampel buku yang nilai KPSnya kategori baik. Tiga sampel buku lainnya memiliki nilai KPS dengan kategori cukup. Buku teks pelajaran fisika yang memiliki nilai KPS dari paling tinggi sampai buku dengan nilai KPS rendah secara berurutan sesuai kode buku adalah Buku TF3, TF4, TF2 dan TFl. Buku TF3 memiliki nilai KPS 65,98% dengan kategori baik, Buku TF4 memiliki nilai KPS 59,78% dengan kategori cukup, Buku TF2 memiliki nilai KPS 47,36% dengan kategori cukup, dan buku terakhir adalah Buku TFl memiliki nilai KPS 42,58 dengan kategori cukup. Kurangnya aspek KPS di dalam buku teks pelajaran disarankan untuk menggunakan sumber belajar lain untuk memaksimalkan KPS di dalam PBM yaitu berupa bahan ajar, media pembelajaran, LKS yang dapat memfasilitasi KPS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 19 Apr 2021 02:17
Last Modified: 19 Apr 2021 02:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31094

Actions (login required)

View Item View Item