Penulisan Diary Sebagai Kegiatan Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Karakter Peserta Didik di SMA Negeri 2 Batusangkar.

Teresa, Jingga (2020) Penulisan Diary Sebagai Kegiatan Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Karakter Peserta Didik di SMA Negeri 2 Batusangkar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_JINGGA_TERESA_16052115_3904_2020.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih banyaknya peserta didik yang melakukan pelanggaran tata tertib sekolah dan karakter peserta didik yang mulai menurun. Sehingga diperlukan suatu kegiatan yang bertujuan meningkatkan karakter peserta didik melalui penulisan diary sebagai salah satu bentuk kegiatan literasi sekolah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pandangan personil sekolah serta peserta didik terhadap penulisan diary sebagai salah satu kegiatan literasi sekolah dalam meningkatkan karakter peserta didik dan melihat dampak penulisan diary sebagai kegiatan literasi dalam meningkatkan karakter peserta didik di SMA Negeri 2 Batusangkar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun informan dalam penelitian ini ditentukan secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penulisan diary sebagai kegiatan literasi sekolah dilaksanakan untuk meningkatkan karakter peserta didik, adapun karakter yang dimaksud anatara lain kejujuran, disiplin, tanggung jawab, gemar membaca, religius dan komunikatif . Pengisian diary dilakukan setiap hari oleh peserta didik disertai paraf orang tua dan di periksa oleh guru pada hari selasa. Dampak penulisan diary adalah untuk meningkatkan nilai kejujuran, disiplin, tanggung jawab, gemar membaca, komunikatif dan religius peserta didik. Terlepas dari beberapa hambatan yang ada dalam pelaksanaan nya kegiatan penulisan diary sudah membawa perubahan baik dalam meningkatkan karakter peserta didik di SMA Negeri 2 Batusangkar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 16 Apr 2021 06:26
Last Modified: 16 Apr 2021 06:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31084

Actions (login required)

View Item View Item