Studi LiteraturPenerapan Model Pembelajaran Proble Based Learning(PBL)terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA

Aisyah, Aisyah (2020) Studi LiteraturPenerapan Model Pembelajaran Proble Based Learning(PBL)terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_AISYAH_16031038_2740_2020.pdf

Download (281kB) | Preview

Abstract

Biologi tidak hanya sekedar menghafal konsep tetapi juga mendorong peserta didik untuk dapat bebas menemukan hal yang baru agar dapat menciptakan generasi yang cerdas dan kreatif. Permasalahan pada pembelajaran Biologi ini adalah kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang rendah. Permasalahan tersebut juga disebabkan pada proses pembelajaran yang masih terpusat pada guru. Sehingga permasalahan rendahnya berpikir kreatif peserta didik harus dicari solusinya agar dapat menyesuaikan dengan perkembangan pendidikan pada abad 21. Solusi dari permasalahan yang peneliti lakukan adalah Penerapkan model pembelajaran Problem BasedLearning Penelitian ini merupakan penelitian studi literatur dengan mencari referensi yang relevan dengan permasalahan. Artikel yang dianalisis terpilih sebanyak 5 artikel yang terakreditasi sinta. Artikel yang dipilih berdsarkan kategori yaitu artikel yang memiliki indikator berpikir kreatif. Tahap dari analisis ini terdiri dari tiga diantaranya reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil studi literatur terkait artikel yang dianalisis disimpulkan bahwa penerapan model Problem BasedLearning dapat menigkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Hal ini terbukti dari penelitian Widyanti, Riandi & Soetisna (2018), Elizabeth &Sigahitog (2018), Surahman & Fitri (2016), Yulianingtias, Tiwow & Diah (2016) Dan Syafi’i, Suryawati& Saputra (2011).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 16 Apr 2021 00:59
Last Modified: 16 Apr 2021 00:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31071

Actions (login required)

View Item View Item