Analisis Perkembangan Pengetahuan Siswa dalam Menguasai Materi Larutan Penyangga pada Sekolah Level Menengah di SMA Negeri Kota Payakumbuh

Ichwani, Khairatul (2021) Analisis Perkembangan Pengetahuan Siswa dalam Menguasai Materi Larutan Penyangga pada Sekolah Level Menengah di SMA Negeri Kota Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_KHAIRATUL_ICHWANI_14035080_472_2020.pdf

Download (543kB) | Preview

Abstract

Larutan penyangga merupakan salah satu materi kimia kelas XI IPA SMA/MA yang bersifat kompleks, dimana konsep kimia yang satu dan yang lainnya saling berhubungan. Oleh karena itu siswa dituntut untuk menguasai beberapa materi prasyarat untuk dapat memahami materi larutan penyangga. Hasil penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa rendahnya penguasaan siswa pada materi larutan penyangga disebabkan perkembangan pengetahuan siswa dalam menguasai materi larutan penyangga terganggu atau terhambat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan pengetahuan siswa dalam menguasai materi larutan penyangga dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang melibatkan 27 siswa kelas X, XI dan XII pada sekolah level menengah di SMA Negeri Kota Payakumbuh melalui pemberian tes diagnostik berbentuk uraian terbatas. Data yang didapatkan kemudian di analisis melalui reduksi data (data reduction), tampilan data (data display), dan verifikasi (verification) atau kesimpulan sesuai teknik analisis data menurut Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan perkembangan pengetahuan siswa terhambat atau mengalami masalah. Hal ini terlihat dari rendahnya penguasaan siswa kelas XII pada materi larutan penyangga sebanyak 16%. Materi yang menjadi penghambat perkembangan pengetahuan siswa adalah materi stoikiometri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 13 Apr 2021 07:23
Last Modified: 13 Apr 2021 07:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31002

Actions (login required)

View Item View Item