Pengembangan Bahan Ajar IPA Tematik Terintegrasi Literasi Baru Pada Terna Pemanfaatan Energi dalam Kehidupan untuk Siswa SMP Kelas VII

Susanti, Miri (2021) Pengembangan Bahan Ajar IPA Tematik Terintegrasi Literasi Baru Pada Terna Pemanfaatan Energi dalam Kehidupan untuk Siswa SMP Kelas VII. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_9_MIRI_SUSANTI_16231043_390_2020.pdf

Download (584kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA dalam kurikulum 2013 harus diimplementasikan dalam pola yang terintegrasi, sedangkan kondisi nyata dilapangan menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPA masih dilakukan secara terpisah antara materi Fisika, Kimia, dan Biologi serta belum terintegrasi literasi baru. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah mengembangkan bahan ajar IPA tematik terintegrasi literasi baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan praktikalitas bahan ajar IPA tematik terintegrasi literasi baru pada tema pemanfaatan energi dalam kehidupan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Pengembangan (R&D). Produk yang dibuat adalah bahan ajar IPA tematik terintegrasi literasi baru pada tema pemanfaatan energi dalam kehidupan. Instrumen yang digunakan untuk pengujian validitas dan praktikalitas produk berupa lembar angket dengan validator produk terdiri dari empat orang dosen pendidikan IPA dan satu orang dosen fisika sedangkan pengujian kepraktisan dilakukan oleh 2 orang guru IPA dan 32 orang siswa SMP kelas VII. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Berdasarkan analisis data didapatkan nilai validitas dan praktikalitas produk dengan rata-rata validitas sebesar 85,77 berada pada kategori sangat valid. Nilai rata-rata kepraktisan penggunaan bahan ajar IPA tematik menurut guru dan siswa berturut-turut adalah 96,50 dan 88,26 berada pada kategori sangat praktis. Jadi dapat disimpulkan bahwa bahan ajar IPA tematik terintegrasi literasi baru valid dan praktis digunakan untuk siswa SMP kelas VII.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 13 Apr 2021 07:23
Last Modified: 13 Apr 2021 07:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31000

Actions (login required)

View Item View Item