Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Formulate Share Listen and Create (FSLC) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Tigo Nagari

Amir, Silvina (2021) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Formulate Share Listen and Create (FSLC) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Tigo Nagari. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_SILVINA_AMIR_15029120_1079_2020.pdf

Download (736kB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap peserta didik. Namun pada kenyataannya, dari hasil observasi dan tes yang diberikan di SMP Negeri 1 Tigo Nagari terlihat bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik masih rendah. Salah satu faktor penyebabnya adalah pembelajaran yang belum sepenuhnya mampu memfasilitasi peserta didik untuk dapat mengembangkan kemampuan komunikasi matematisnya. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang dapat memfasilitasi peserta didik dalam memahami, mengkonstruk pengetahuannya sendiri, serta melatih kemampuan komunikasinya. Model pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Formulate, Share, Listen, And Create (FSLC). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan apakah kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe FSLC lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung di kelas VIII SMP Negeri 1 Tigo Nagari. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasy experiment) dengan rancangan penelitian randomized control group only design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Tigo Nagari dengan sampel kelas yaitu kelas VIII. A dan VIII. B. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis yang berbentuk soal essay. Berdasarkan hasil analisis data, pada taraf signifikan O, 0 5 dengan menggunakan uji-t diperoleh P-value = 0,003, karena P-value < a maka tolak H0• Hal ini menunjukan bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe FSLC lebih baik daripada peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran langsung di kelas VIII SMP Negeri 1 Tigo Nagari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 12 Apr 2021 03:16
Last Modified: 12 Apr 2021 03:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30984

Actions (login required)

View Item View Item