Pengaruh Media Pop-up Book terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas X di SMA Negeri 6 Padang

Monicha, Indah (2020) Pengaruh Media Pop-up Book terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas X di SMA Negeri 6 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_INDAH_MONICHA_15046095_2676_2020.pdf

Download (401kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya variasi media yang diterapkan guru dalam pembelajaran sejarah, kurang terlibatnya peserta didik dalam proses pembelajaran karena proses pembelajaran berpusat pada guru. Akibatnya mempengaruhi hasil belajar peserta didik dimana masih banyak nilai yang berada dibawah KKM 75. Untuk mengatasi permasalahan tersebut salah satu alternatif yang dapat digunakan yaitu media pop-up book. Pada penelitian ini pop-up book dikerjakan oleh peserta didik karena dengan keterlibatan langsung dalam proses pembelajaran maka pemahaman dari pengetahuan yang didapat juga akan lebih meningkat. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat pengaruh dari penerapan pop-up book terhadap hasil belajar pada mata pelajaran sejarah Indonesia kelas X di SMA Negeri 6 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara teknik random kelompok (cluster random sampling). Kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen. Pengambilan data dilakukan dengan cara pre-test dan postest dengan menggunakan soal objektif sebanyak 20 butir soal. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Nilai rata-rata hasil pre-test kelas X MIPA 1 adalah 61,25 sedangkan kelas X MIPA 3 adalah 60,63. Terlihat bahwa sebelum diberi perlakuan nilai di kelas eksperimen masih rendah. Jika dilihat dari nilai rata-rata post-test di kelas X MIPA 1 adalah 71,25 dan nilai rata-rata post-test di kelas X MIPA 3 adalah 82,8. Setelah itu data dianalisis kuantitatif yaitu dengan melakukan uji t. Setelah dilakukan uji t dengan menggunakan program SPSS versi 23 didapatkan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000<(lebih kecil dari) 0,05. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media Pop-up Book terhadap hasil belajar pada mata pelajaran sejarah Indonesia kelas X di SMA Negeri 6 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 Apr 2021 09:01
Last Modified: 09 Apr 2021 09:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30982

Actions (login required)

View Item View Item