Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif tipe Make A Match di Kelas IV B SDN 64/VII Sukasari II

Umroh, Maya Sari (2020) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif tipe Make A Match di Kelas IV B SDN 64/VII Sukasari II. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_MAYA_SARI_UMROH_16129060_3851_2020.pdf

Download (401kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu yang rendah, dimana pembelajaran masih berpusat pada guru, siswa belum dilibatkan secara aktif di dalam pelaksanaan pembelajaran dan guru belum menggunakan media yang membuat siswa menyenangkan dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model kooperatif tipe Make A Match di kelas IV B SDN 64/VII Sukasari II. Jenis penelitian ini adalah penelitian tidakan kelas menggunakan Pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV B sebanyak 8 orang, yang terdiri dari 4 orang laki-laki dan 4 orang perempuan. Data penelitian ini berupa hasil penelitian dan penilian dalam pembelajaran. Sumber data meliputi RPP, hasil pembelajaran dan aktivitas guru serta siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Penelitian dilaksanakan sebanyak II Siklus, dimana siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan RPP siklus I diperoleh nilai rata-rata 80,55% dengan kualifikasi (B), meningkat pada siklus II menjadi 91,66% dengan kualifikasi (SB). Nilai rata-rata aspek guru siklus I diperoleh 84,71% dengan kualifikasi (B), meningkat pada siklus II 97,22% dengan kualifikasi (SB). Sedangkan nilai rata-rata aspek siswa siklus I diperoleh 80,55 % dengan kualifikasi (B), meningkat pada siklus II 94,44% dengan kualifikasi (SB). Hasil belajar siswa siklus I memperoleh nilai rata-rata 77,06 dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 88,54. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Kooperatif Tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik terpadu di Kelas IV B SDN 64/VII Sukasari II

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 06 Apr 2021 05:55
Last Modified: 06 Apr 2021 05:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30938

Actions (login required)

View Item View Item