Hubungan Konsep Diri dengan Komunikasi Interpersonal

Nadia, Desmi (2020) Hubungan Konsep Diri dengan Komunikasi Interpersonal. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_DESMI_NADIA_16006048_3553_2020.pdf

Download (326kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomenayang terjadi dilapangan yaitu terdapat siswa yang tidak mampu melakukan komunikasi interpersonal yang efektif dikarenakan memiliki konsep diri yang rendah.Komunikasi interpersonal merupakan pengiriman pesan-pesan yang dilakukan oleh seseorang dan dapat diterima oleh orang lain. Salah satu faktor yang mempengaruhi komunikasi interpersonal adalah konsep diri.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep diri siswa, mendeskripsikan komunikasi interpersonal siswa, dan untuk melihat apakah terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan komunikasi interpersonal siswa Metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif dan korelasional.Populasi penelitian adalah siswa SMA Pertiwi 2 Padang yang berjumlah 137 siswa dengan sampel sebanyak 102 siswa yang dipilih dengan teknikStratifiedRandom Sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesionerkonsep diri dan komunikasi interpersonal dengan model skala Likert.Data dianalisis menggunakan Pearson Product Moment Correlation. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) konsep diri berada pada kategori tinggi 46,1%, (2)komunikasi interpersonal berada pada kategori sedang 87,3%, dan (3)terdapat hubungan yang positif signifikan antara konsep diri dengan komunikasi interpersonal dengan rxy =0,439 dan taraf signifikan sebesar 0,000.Berdasarkan hasil penelitian terdapat hubungan yang positif signifikan antara konsep diri dengan komunikasi interpersonal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 06 Apr 2021 05:55
Last Modified: 06 Apr 2021 05:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30936

Actions (login required)

View Item View Item