Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Materi FPB dan KPK Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 04 Pasar Surantih.

Prihatinia, Sarah (2020) Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Materi FPB dan KPK Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 04 Pasar Surantih. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_SARAH_PRIHATINIA_16129398_3970_2020.pdf

Download (253kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang terlibatnya peserta didik dalam proses pembelajaran, pembelajaran masih berpusat pada guru serta pembelajaran yang diberikan tidak dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari peserta didik sehingga peserta didik kurang memamahi konsep materi yang diajarkan dan hal ini berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetaui pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik terhadap hasil belajar Materi FPB dan KPK kelas IV Sekolah Dasar Negeri 04 Pasar Surantih. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dalam bentuk Quasi Eksperiment Design. Design penelitian yang digunakan adalah The Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SDN 04 Pasar Surantih. Teknik pengambilan sampel menggunakan Nonprobability Sampling dengan jenis Purposive Sampling. Terpilih dua kelas sampel yang akan dijadikan kelas eksperimen adalah kelas IV B dan kelas kontrol adalah Kelas IV A. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif dan teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistic inferensial dengan uji-t. Berdasarkan hasil Pretest yang diperoleh rata-rata kelas eksperimen yang menerapkan pembelajaran dengan menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik adalah 37,65 dan nilai rata-rata hasil belajar posttest kelas eksperimen adalah 65,41. Sedangkan pembelajaran di kelas kontrol memiliki ratarata hasil belajar pretest adalah 35,94 dan rata-rata hasil belajar posttest kelas kontrol adalah 54,89. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang dilakukan dengan uji t, diperoleh thitung= 1,92 dan ttabel 1,69 dengan taraf nyata 0,05. Dengan demikian t’hitung = 1,92 > ttabel = 1,69 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik terhadap hasil belajar FPB dan KPK di kelas IV SD Negeri 04 Pasar Surantih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:44
Last Modified: 05 Apr 2021 00:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30884

Actions (login required)

View Item View Item