Pengaruh Penggunaan Media Komik dan Pembelajaran Langsung terhadap Pengetahuan Awal dan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas IV SD.

Maryani, Maryani (2021) Pengaruh Penggunaan Media Komik dan Pembelajaran Langsung terhadap Pengetahuan Awal dan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas IV SD. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
01_MARYANI_16124045_2158_2019.pdf

Download (114kB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis narasi siswa masih rendah. Hal ini terjadi karena (1) siswa masih kesulitan mengungkapkan ide tulisan, hal tersebut disebabkan oleh jarangnya siswa melakukan latihan menulis narasi, menulis narasi memerlukan latihan yang teratur dan berkesinambungan, (2) siswa beranggapan bahwa menulis narasi itu suatu yang sulit, (3) kurangnya pemahaman siswa mengenai unsurunsur dalam menulis narasi, (4) kurang menariknya media pembelajaran yang digunakan guru pada saat pembelajaran yang digunakan pada saat pembelajaran, sehingga siswa merasa bosan dalam belajar. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menggunakan media komik.Media komik mengarahkan siswa untuk mengembangkan ide, membuat karangan narasi. Dengan melakukan uji pengetahuan awal, guu dapat mengetahui kemampuan siswa untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis narsi. Jenis penelitian ini adalah Quasi eksperimen. Desain penelitian ini adalah Randomized Control Group Only Design Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gugus V Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 26 Singgalang dan siswa kelas IV SDN 30 Singgalang. Data penelitian diperoleh dari hasil tes pengetahuan awal dan tes akhir keterampilan menulis narasi. Analisis data menggunakan uji t dan Anova dua arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) keterampilan menulis narasi siswa yang belajar dengan menggunakan media komik lebih tinggi dari pada siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran langsung, 2) keterampilan menulis narasi siswa dengan pengetahuan awal tinggi dan rendah yang belajar dengan menggunakan media komik lebih tinggi dari pada yang belajar dengan menggunakan pembelajaran langsung, 3) tidak terdapat interaksi antara media komik dan pengetahaun awal siswa terhadap keterampilan menulis narasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 25 Mar 2021 06:55
Last Modified: 25 Mar 2021 06:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30778

Actions (login required)

View Item View Item