Pengembangan Bahan Ajar Membaca Pemahaman Menggunakan Graphic Organizer Plot Diagram Untuk Kelas VI Sekolah Dasar.

Marlina, Dewi (2021) Pengembangan Bahan Ajar Membaca Pemahaman Menggunakan Graphic Organizer Plot Diagram Untuk Kelas VI Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
01_DEWI_MARLINA_15124015_994_2019.pdf

Download (225kB) | Preview

Abstract

Taesis Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Padang Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil analisis bahan ajar membaca pemahaman untuk kelas VI Sekolah Dasar (SD), ditemui beberapa permasalahan diantaranya: bahan ajar kurang memuat tahapan membaca yaitu prabaca, saat baca, dan pascabaca. peserta didik langsung diminta untuk menjawab pertanyaan tampa melewati tahapan membaca yang semestinya, indikator pembelajaran membaca sebagaimana mestinya tidak terlihat pada bahan ajar, tampilan warna dan gambar pada bahan ajar kurang bervariasi, teks yang dipelajarai kuarng menarik perhatian peserta didik, guru hanya menggunakan satu buku paket yang disediakan di sekolah, guru kurang mengarahkan peserta didik pada tahapan membaca. Mengatasi hal itu, perlu diberi solusi berupa pengembangan bahan ajar membaca pemahaman menggunakan Graphic Organizer Plot Diagram. Tujuan yang hendak dicapai dalam upaya pengembangan bahan ajar ini adalah menghasilkan bahan ajar membaca pemahaman yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate). Rancangan yang telah didesain kemudian divalidasi oleh 5 orang ahli dan 3 orang praktisi pendidikan kemudian diuji coba secara terbatas di kelas VI SDN 13 Tungkal Selatan untuk mengetahui praktikalitas dan efektivitas bahan ajar yang dikembangkan. Tahap penyebaran dilakukan pada skala terbatas. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan yang dilakukan, dari segi validitas RPP diperoleh rata-rata 82,24% dari validator ahli dan 88,48% dari validator praktisi dengan kategori sangat valid , validasi bahan ajar diperoleh rata-rata 84,37% dari validator ahli dan 98,53% dari validator praktisi dengan kategori sangat valid. Praktikaltas bahan ajar dari segi keterlaksanaan RPP diperoleh rata-rata 93,66% dengan kategori sangat praktis, respon guru diperoleh rata-rata 98,6% dengan kategori sangat praktis, respon peserta didik diperoleh rata-rata 91,29% dengan kategori sangat praktis. Efektifitas bahan ajar dilihat dari aktivitas peserta didik diperoleh rata-rata 96,4% dengan kategori sangat baik dan dari penilaian proses membaca diperoleh rata-rata 88,1% Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar membaca pemahaman menggunakan Graphic Organizer Plot Diagram yang dikembangkan telah valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran membaca pemahaman untuk kelas VI SD.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 25 Mar 2021 06:55
Last Modified: 25 Mar 2021 06:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30776

Actions (login required)

View Item View Item