Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Learnig Tipe Jigsaw dan Motivasi Belajar terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Perubahan Sifat Benda Bagi Siswa Kelas V SD N Gugus III Kecamatan Talamau Pasaman barat.

Elvita, Desma (2021) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Learnig Tipe Jigsaw dan Motivasi Belajar terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Perubahan Sifat Benda Bagi Siswa Kelas V SD N Gugus III Kecamatan Talamau Pasaman barat. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
01_DESMA_ELVITA_15170004_1098_2019 (2).pdf

Download (30kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari masalah rendahya pemahaman konsep siswa terhadap pembelajara IPA terutama pada materi perubaha sifat benda di gugus III Talamau Pasaman Barat.Pemahaman Konsep siswa SDN gugus III Kecamatan Talamaumasih rendah. Hal ini terjadi karena siswamasih terfokus pada cara belajar yang diajarkan guru dan belum bisa megemukakan ide-ide sendiri apalagi untuk mengajari teman-temannya.. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw. Jenis penelitian ini adalahQuasi Experiment.Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran coopeative learning tipe jigsaw dan motivasi belajar terhadap pemahaman konsep perubahan sifar benda pada siswa SD. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V gugus III SDN Kecamatan Talamau Pasaman Barat Tahun Pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas V di SDN 18 Talamau sebagai kelas eksperimen dan siswa Kelas V di SDN 10 Talamau sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan angket yang mengukur pengalaman motivasi dan hasil tes pemahaman konsep. Analisis data dilakukan menggunakan uji t dan uji Anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh beberapa kesimpulan, yaitu: Pemahaman konsep siswa yang diajar dengan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Hal ini juga berlaku untuk siswa bermotivasi tinggi dan rendah. Pemahaman konsep siswa yang memiliki motivasi tinggi yang diajar dengan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw juga lebih baik dari siswa yang memiliki motivasi tinggi yang diajar dengan pembelajaran konvensional, Pemahaman konsep siswa yang memiliki motivasi rendah yang diajar dengan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsawjuga lebih baik dari siswa yang memiliki motivasi rendah yang diajar dengan pembelajaran konvensional, dan tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran cooperative learning tipe jigsawdengan motivasi belajar dalam mempengaruhi Pemahaman konsep siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 25 Mar 2021 06:55
Last Modified: 25 Mar 2021 06:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30775

Actions (login required)

View Item View Item