Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Bernuansa Al-Qur’an pada Materi Sistem Koordinasi Untuk Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah.

Saputra, Afdal (2021) Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Bernuansa Al-Qur’an pada Materi Sistem Koordinasi Untuk Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
03_AFDAL_SAPUTRA_16177044_6643__2018.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil wawancara guru dan peserta didik yang dilakukan di sekolah Madrasah Aliyah yang menggunakan kurikulum 2013, diperoleh data bahwa peserta didik menggunakan bahan ajar berupa buku siswa dan lembar kerja siswa sebagai pegangan dalam proses pembelajaran. Buku dan lembar kerja siswa yang digunakan oleh guru memiliki beberapa kelemahan materi yang dijabarkan tidak lengkap, gambar yang disajikan tidak jelas, memiliki warna yang tidak menarik serta belum adanya bahan ajar yang ada pengetahuan agama sehingga pembelajaran kurang berhikmah dan bermakna dalam kehidupan sehari-hari peserta didik. Pada akhirnya peserta didik tidak dapat mengembangkan kecerdasan yang ada pada diri yang nantinya akan berpengaruh pada hasil belajar peserta didik.Untuk menyikapi masalah ini, maka dikembangkan modul Biologi bernuansa Al-Qur’an Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan validitas, praktikalitas dan efektivitas modul Biologi bernuansa Al-Qur’an untuk siswa kelas XI Madrasah Aliyah. Jenis penelitian ini adalah pengembangan (Resesrch And Development) dengan menggunakan rancangan penelitian Plomp. Model pengembangan Plomp terdiri dari tiga tahapan pengembangan yaitu: fase investigasi awal, fase pengembangan dan fase pembuatan prototipe serta fase penilaian. Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah lembar validitas, lembar praktikalitas oleh guru dan siswa, lembar observasi dan soal objektif. Tekhnik analisis data yang digunakan untuk mengukur efektivitas adalah uji Kolmogrof Smirnov untuk menguji normalitas, uji Levene untuk menguji homogenitas, dan uji t untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran Biologi bernuansa Al-Qur’an memperoleh nilai dengan kategori sangat valid. Hasil penilaian praktikalitas yang dilakukan oleh guru dan peserta didik diperoleh Biologi bernuansa modul Al-Qur’an dengan kategori sangat praktis. Hasil uji efektifitas modul Biologi bernuansa Al-Qur’an pada kompetensi kognitif, afektif dan psikomotor diperoleh bahwa modul Biologi bernuansa Al-Qur’an yang dikembangkan memiliki kriteria sangat efektif. kompetensi belajar ranah kognitif, afektif dan psikomotor peserta didi yang menggunakan modul Biologi bernuansa Al-Qur’an lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan buku paket dan lembar kerja siswa yang biasa digunakan oleh guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 24 Mar 2021 06:58
Last Modified: 24 Mar 2021 06:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30744

Actions (login required)

View Item View Item