Pengukuran Tingkat Kepuasan Mahasiswa tentang Pelayanan Akademik dengan Metodei Importance- Performancei Analysis (Studi pada Mahasiswa FPP- UNP)

Khamelia P, Ade (2021) Pengukuran Tingkat Kepuasan Mahasiswa tentang Pelayanan Akademik dengan Metodei Importance- Performancei Analysis (Studi pada Mahasiswa FPP- UNP). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_ADE_KHAMELIA_P_1106852_931_2021.pdf

Download (224kB) | Preview

Abstract

Saat ini, kepuasan Mahasiswa telah menjadi alat yangi penting dalam mengevaluasi kualitas pelayanan Perguruan Tinggi (PT). Penelitian ini bertujuani untuki mengukur dani mengkaji tingkat kepuasan mahasiswai sertai dimensi dan item-item layanan apa yangi harusi di prioritaskan FPP-UNP dalam upayai meningkatkan kepuasani mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswai semester VIIi untuk jenjangi Sarjana/Diploma empat dan mahasiswa semester V untuk jenjangi diploma tiga di FPP-UNP Padang. Teknik pengambilani sampel yangi dipilih adalahi proportionate randomi sampling, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 221 mahasiswa. Instrumen yang digunakani dalam penelitiani ini adalah HEdPERF yang telahi terbukti lebih sesuai untuki mengukur mutu layanan pendidikan di sebuah PT. Analisisi yangi digunakan dalam penelitian ini adalah Customer Satisfaction Index (CSI)/Indeks Kepuasan Mahasiswa (IKM)i dani Importance-Performance Analysis (IPA). Hasil dari analisis IKM menunjukkan bahwa tingkat kepuasani total mahasiswa FPP-UNP berada padai kategori ‘cukup puas’ yangi berarti bahwai kualitas pelayanan FPP-UNP berada pada kategori ‘cukup baik’ menurut mahasiswa. Sedangkan hasil dari analisis IPA menunjukkan bahwa terdapat sembilan item layanan yang masuk dalami kategori prioritas utama yaitu item layanani ke 2 (Kepeduliani staf terkait permasalahan administratif mahasiswa); 3 (Efisiensi staf dalami menyelesaikan komplain mahasiswa); 4 (respon cepat staf dalami menanggapi permintaan mahasiswa); 8 (Sikap positif seluruh anggota manajemeni dani staf administrasi (kejujuran, kedisiplinan dani tanggung jawabi dalam pelayanan)); 9 (Kemampuan seluruh staf untuk dapat berkomunikasi dengani baik ); 11 (Jaminan kenyamanan mahasiswa dalam mendapat pelayanan administrasi); kei 24 (ketersediaan fasilitas rekreasional bagi mahasiswa (misalnya taman yangi luasi dani rindang, gazebo mahasiswa, tempati parkir yang luas)); ke 34 (Adanyai Feedback dari kampusi terhadapi peningkatan belajar siswai (misal pemberiani beasiswa))i dani item layanani kei 35 (Ketersediaani prosedur pelayanani kampus yangi sistematis dani jelas).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 24 Mar 2021 06:57
Last Modified: 24 Mar 2021 06:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30732

Actions (login required)

View Item View Item