Pengaruh Pemberian Penguatan Verbal dan Non Verbal Terhadap Hasil Belajar Seni Rupa Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 24 Padang.

Rosita, Mela (2020) Pengaruh Pemberian Penguatan Verbal dan Non Verbal Terhadap Hasil Belajar Seni Rupa Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 24 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_A_MELA_ROSITA_16020106_3689_2020.pdf

Download (464kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan penguatan verbal dan non verbal dengan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan penguatan verbal dan non verbal di kelas VIII SMP Negeri 24 padang. Penelitian ini bertujuan agar penguatan verbal dan non verbal ini diterapkan dalam pendidikan untuk memberikan apresiasi atas kinerja siswa berupa penghargaan. Data penelitian bersumber dari hasil belajar sisiwa kelas VIII A dan VIII H. Metode yang digunakan daam penelitian adalah metode kuantitatif eksperimen, desain quasi eksperimental dengan penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian kelas eksperimen menggunakan penguatan verbal dan non verbal memiliki nilai rata-rata post-test lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan penguatan verbal dan non verbal yaitu 85.62 pada kelas ekperimen dan 76.78 pada kelas kontrol. Berdasarkan t-test diperoleh hasil thitung=9.287 dan ttabel= 1.998 pada taraf alpha= 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara pembelajaran seni rupa yang menggunakan penguatan verbal dan non verbal dengan pembelajaran yang tidak menggunakan penguatan verbal dan non verbal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 24 Mar 2021 06:57
Last Modified: 24 Mar 2021 06:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30726

Actions (login required)

View Item View Item