Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Menggambar Model Kelas VIII di SMP Negeri 1 Sawahlunto

Darmayanti, Mella (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Menggambar Model Kelas VIII di SMP Negeri 1 Sawahlunto. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_A_MELLA_DARMAYANTI_16020077_3486_2020.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan model dan metode yang diajarkan oleh guru pada pembelajaran kurang efektif. Hal ini dipengaruhi oleh guru yang memberikan pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah dibandingkan partisipasi dan bimbingan sehingga guru lebih berperan ahli dalam mengajar yang membuat siswa tidak terlalu aktif selama pembelajaran berlangsung. Adapun solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah tersebut yaitu menerapkan model pembelajaran berbasis proyek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dengan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional di SMP Negeri 1 Sawahlunto. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Sawahlunto tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 142 orang siswa. Adapun pengambilan sampel dengan menggunakan sample random sampling diperoleh kelas eksperiment di kelas VIII2 berjumlah 28 orang dan kelas kontrol di kelas VIII3 berjumlah 28 orang siswa. Diberlakukanlah uji normalitas uji homogenitas dan uji Hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata dari kelas eksperiment yaitu 83,39 dan kelas kontrol 81,64. dalam penelitian ini digunakan uji hipotesis: jika thitung>ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Setelah dilakukan uji hipotesis satu arah diperoleh thitung<ttabel (0,941<2,004) Maka Ho diterima dan Ha ditolak. Maka hasil pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis proyek tidak berbeda dengan model pembelajaran Konvensional di SMP Negeri 1 Sawahlunto.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 24 Mar 2021 06:56
Last Modified: 24 Mar 2021 06:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30725

Actions (login required)

View Item View Item