Makna Tari Alang Suntiang Pangulu Dalam Upacara Batagak Pangulu di Nagari Padang Laweh Kecamatan Sungai Pua Kabupaten Agam

Azhari, Riri Fadri (2020) Makna Tari Alang Suntiang Pangulu Dalam Upacara Batagak Pangulu di Nagari Padang Laweh Kecamatan Sungai Pua Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_A_RIRI_FADRI_16023030_2121_2020.pdf

Download (37kB) | Preview

Abstract

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan Makna Tari Alang Suntiang Pangulu di Nagari Padang Laweh Kecamatan Sungai Pua Kabupaten Agam. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Objek penelitian ini adalah Tari Alang Suntiang Pangulu di Nagari Padang Laweh Kecamatan Sungai Pua Kabupaten Agam. Instrumen utama adalah peneliti sendiri dan memerlukan alat dalam menghimpun data di lapangan yaitu berupa alat tulis dan kamera foto. Teknik pengumpulan data berupa studi kepustakaan, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah dengan cara reduksi data, deskripsi data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tari Alang Suntiang Pangulu menggambarkan pembelajaran tentang hak-hal yang akan dipakai seorang Pangulu untuk menjaga kemahkotaan atau kehormatannya. Hal-hal tersebut terdapat pada Tari Alang Suntiang Pangulu yang memiliki makna tekstual yang diurai melalui gerak, pola lantai, musik, penari, tata rias busana, dan tempat pertunjukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 24 Mar 2021 06:56
Last Modified: 24 Mar 2021 06:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30718

Actions (login required)

View Item View Item