Media Video Tutorial Membuat Bunga dari Kantong Plastik Kresek Berwarna Putih untuk Anak Tunarungu Kelas X di di SLBN Padang Sidempuan ( Pre Experimental Design)

Hasibuan, Siti Ertina (2021) Media Video Tutorial Membuat Bunga dari Kantong Plastik Kresek Berwarna Putih untuk Anak Tunarungu Kelas X di di SLBN Padang Sidempuan ( Pre Experimental Design). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_SITI_ERTINA_HASIBUAN_16003047_637_2021.pdf

Download (357kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang keterampilan vokasional membuat bunga dari kantong plastik berwarna putih pada anak tunarungu kelas X di SLB Negeri 1 Padang Sidempuan. Penelitian ini merupakan penelitian eksprerimen. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan teknik video tutorial efektif digunakan dalam meningkatkan keterampilan vokasional membuat bunga dari kantong plastik berwarna putih pada anak tunarungu kelas X di SLB Negeri 1 Padang Sidempuan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yaitu metode eksperimen. Metode yang dipakai untuk mengetahui apakah model media dengan video tutorial dapat efektif digunkan dalam membuat bunga dari kantong kresek berwarna putih subjek dari penelitian ini yaitu anak tunarungu kelas X di SLBN Padang Sidempuan berjenis perempeuan. Dari hasil penelitian uji statistik yang telah dianalisis menggunakan program SPSS 23 penelitian data diperoleh rata-rata pada saat pretest yaitu 57,60 sedangkan untuk postest terdapat peningkatan yakni menjadi 84,60. Data diolah lebih ilmiah menggunakan uji wilcoxon diperoleh nilai rank tast antara pretest dan postest-2,023 dengan Asymp. Sig (2-tailed) 0,043. Probalitas yang telah ditetapkan α = 0,05.Hipotesis alternatif diterima karena probalitas<dari probalitas yang telah ditetapkan yakni 0,039<0.05. Dapat disimpulkan, terbukti bahwa media video tutorialefektif dalam meningkatkan keterampilan vokasional membuat bunga dari kantong plastik pada anak tunarungu. Diharapkan agar guru dapat dapat digunakan teknik modeling dalam pembelajaran keterampilan vokasional bagi anak tunarungu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 23 Mar 2021 02:59
Last Modified: 23 Mar 2021 02:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30700

Actions (login required)

View Item View Item