Pengaruh Model Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Tematik Terpadu di Kelas IV SDN Gugus I Kecamatan Guguak

Amelia, Kiki (2021) Pengaruh Model Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Tematik Terpadu di Kelas IV SDN Gugus I Kecamatan Guguak. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_KIKI_AMELIA_16129142_38_2021.pdf

Download (333kB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini latar belakang yang ditemukan peneliti adalah masih rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu karena model yang digunakan guru kurang sesuai dengan materi yang diajarkan sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar pembelajaran tematik terpadu siswa. Pelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Make A Match terhadap hasil belajar siswa tematik terpadu di kelas IV SDN Gugus I Kecamatan Guguak. Jenis penelitian ini adalah eksperimen berbentuk Quasi Experimental Type Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling.Teknik yang digunakan untuk menentukan kelompok eksperimen dan kontrol adalah melalui undian sederhana. Kelas IV SDN 02 Sungai Talang ditetapkan sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV SDN 04Sungai Talang sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes yaitu tes pilihan ganda. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji prasyarat berupa uji normalitas dan homogenitas serta uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model make a match terhadap hasil belajar siswa tematik terpadu di kelas IV SDN Gugus I Kecamatan Guguak. Hal ini dibuktikan dari hasil uji-t dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung = 2,41> ttabel = 1,68. Hasil belajar diperoleh kelompok eksperimen lebih tinggi dari pada kelompok kontrol, ditunjukkan dari rata-ratakelompok kontrol= 72,8 dan rata-ratayang diperoleh kelompok eksperimen = 81,2

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 23 Mar 2021 02:59
Last Modified: 23 Mar 2021 02:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30693

Actions (login required)

View Item View Item