Pengembangan Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kompetensi pada Mata Kuliah Organisasi Manajemen di Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi

Kosassy, Siti Osa (2020) Pengembangan Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kompetensi pada Mata Kuliah Organisasi Manajemen di Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_SITI_OSA_KOSASSY_15169052_2176_2020.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan masalah yang ditemui pada proses pembelajaran Organisasi Manajemen. Peneliti menemukan bahwa dalam proses pembelajaran mata kuliah organisasi manajemen belum mampu mengoptimalkan kemampuan berfikir peserta didik sehingga pembelajaran berjalan secara monoton. Hal ini tentu berdampak pada kemampuan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran dan motivasi peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran.Melalui penelitian ini dikembangkanlah sebuah model pembelajaran kontekstual berbasis kompetensi dalam mata kuliah Organisasi Manajemen. Model ini selanjutnya disebut dengan model pembelajaran KOBEKO. Tujuan pengembangan model KOBEKO ini adalah membantu pendidik untuk mengembangkan potensi mereka dan membuat proses pembelajaran menjadi lebih bermakna. Pengembangan model ini mengikuti model ADDIE. Data dikumpulkan melalui angket, wawancara, dan tes untuk memahami dan menerapkan prinsip model pembelajaran KOBEKO ini. Data dianalisis menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif sehingga diperoleh buku model pembelajaran KOBEKO, buku pedoman kerja dosen (PKD), dan buku pedoman kerja mahasiswa (PKM). Model ini diuji validitas, praktikalitas, dan efektifitasnya oleh para ahli; Organisasi Manajemen, ahli desain pembelajaran, ahli bahasa dan penggunanya. Hasil pengembangan terdiri dari ( 1) buku model pembelajaran KOBEKO, (2) buku pedoman kerja dosen (PKD), dan (3) buku pedoman kerj a mahasiswa (PKM) yang valid, efektif, dan praktis. Buku model ini dapat digunakan oleh dosen/pendidik dalam membantu peserta didik mengoptimalkan kemampuan mereka, memaknai pembelajaran serta aktif dan kritis. Penelitian ini juga membuktikan bahwa model KOBEKO lebih efektif dibanding model konvesional yang sering digunakan oleh dosen/pendidik. Dengan demikian model KOBEKO ini dapat dijadikan salah satu model dalam pembelajaran Organisasi Manajemen di Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 19 Mar 2021 03:01
Last Modified: 19 Mar 2021 03:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30667

Actions (login required)

View Item View Item