Evaluasi lmplementasi Standar Nasional Pendidlkan Tinggi Bidang Pembelajaran Berbasis CIPPO di Universitas Negeri Padang

Wita, Sepnl (2020) Evaluasi lmplementasi Standar Nasional Pendidlkan Tinggi Bidang Pembelajaran Berbasis CIPPO di Universitas Negeri Padang. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_SEPNI_WITA_16169034 _3079_2020.pdf

Download (238kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah uotuk menganalisis secara mendalam mengenai implementasi SN DIKTI pada aspek pendidikan dan pembelajaran. Analisis dilaksnnakan melalui evaluasi program mulai dari Context, Input, Process, Product, dan Outcome. Jenis penelitian adalah Penelitian Evaluasi. Populasi ndalah semua program studi terakreditasi A dan B yang terdapat di Universiias Negeri Padang yang berjumlah 49 program studi. Sampel diambil 30%. Data diambil sebanyak 446 orang. Data dianalisis secara kualitatif dao kuantitatif. Hasil penelitian (I) kebarusan merancang instrumeo penilaiao pembelajaran setiap mata kuliah, (2) kebarusan merancang RPS/Bahan Ajar herbasis KKNI dan dievaluasi secara periodik, (3) diberlalrukan reward dan punlshman uotuk semua implementasi standar nasional pendidikaa, (4) adanya mekaoisme dan instrumen monitoring pembelajaran dan kebadiran dosen dan tenaga kependidikao. (5) adanya instrumen masing-rnasing standar nasional pendidikan dan basilnya ditindaklanjuti dan din.ilai secara transparan. (6) adanya evaluasi kinerja doscn dan tenaga kependidikan setiap semester dan hasilnya ditindaklanjuti, (7) ketegasan pimpinan dalam pembentukan komianen prodi dengan diberlakukan sangsi bagi dosen dan tenaga kependidikan yang melanggar kebijakan, (8) adanya tim evaluasi prodi untuk semua kebijakan, (9) sistem alokasi aoggaran berbasis capaian pembelajaran. ( I 0) adanya tim perumusan kurikulum dllO melibatkan stakeholder, (11) adanya audit sarana dan prasarana dan insaumen yang mengukur kepuasan mabasiswa dalam penggunaan sarana dan prasarana, Kebijakan ini telab divalidasi oleb peneliti basama paknr. Dapar disimpulkao bahwa kebijak.an yang dihasilkao dapat dipercaya daa dapat dijadikan sebagai panduan dalam implementasi Standar Nasional Pendidikan di Universitas Negeri Padang.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 19 Mar 2021 03:01
Last Modified: 19 Mar 2021 03:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30665

Actions (login required)

View Item View Item