Hubungan antara Perhatian Orang Tua dengan Minat Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran dari Rumah di RW II Kelurahan Parak Gadang Timur Kota Padang

Maulani, Nur Haqiqi (2021) Hubungan antara Perhatian Orang Tua dengan Minat Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran dari Rumah di RW II Kelurahan Parak Gadang Timur Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_NUR_HAQIQI_MAULANI_16005133_884_2021.pdf

Download (335kB) | Preview

Abstract

Penelitianinidilatarbelakangioleh rendahnya minat belajar siswa SMP pada pembelajaran dari Rumah di RW II Kelurahan Parak Gadang Timur Kota Padang. Diduga disebabkan oleh perhatian orang tua yang dominanrendah. Penelitianinibertujuanuntuk: 1) menggambarkanperhatian orang tua; 2) menggambarkanminat belajar siswa; dan 3) melihathubunganantarahubunganantaraperhatian orang tuadenganminatbelajaranakpadapembelajarandariRumah. Penelitianinimerupakanpenelitiankuantitatifkorelasional.PopulasidalampenelitianiniialahkeseluruhanSiswa SMP di RW II KelurahanParakGadangTimur Kota Padang yang berjumlah88siswadan44 orang siswa dijadikan sebagai sampel penelitian. Teknikpengumpulan data mengunakanangket, data yang diperolehdianalisismenggunakananalisisdeskriptifdanrumuskorelasiproduct moment. Hasilpenelitianinimenunjukkan: 1) perhatian orang tua dikategorikandominanrendah; 2) minat belajar siswadikategorikanmasih rendah; dan 3) terdapathubungan yang sangatsignifikanantaraperhatian orang tuadenganminatbelajaranakpadapembelajarandarirumah di KelurahanParakGadangTimurKecamatan Padang Timur Kota Padang. Saran penelitianyaitu: 1) diharapkankepadapendidik di sekolah formal untuklebihmemperhatikanaktivitasbelajaranak; 2) diharapkankepadaorangtuauntukdapatmemperhatikanaktivitasbelajaranaksupayaanakmendapatkanhasil yang maksimal; dan 3) diharapkanpenelitiselanjutnyadapatmenemukanataupunmenelitivariabel lain yang berpengaruhminatbelajaranakkhususnyapadapembelajaranberbasis online.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 19 Mar 2021 03:01
Last Modified: 19 Mar 2021 03:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30660

Actions (login required)

View Item View Item