Hubungan Gaya Belajar dengan Kompetensi Kognitif Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA Kelas VIII di SMPN 22 Padang Tahun Pelajaran 2019/2020

Luthfiah, Liza (2021) Hubungan Gaya Belajar dengan Kompetensi Kognitif Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA Kelas VIII di SMPN 22 Padang Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_LIZA_LUTHFIAH_16031010_504_2020.pdf

Download (652kB) | Preview

Abstract

Gaya belajar adalah cara peserta didik untuk menerima informasi, mengatur informasi serta mengolah informasi saat pembelajaran. Tiga macam gaya belajar yaitu gaya belajar visual (belajar dengan dominasi cara melihat), auditorialal (belajar dengan dominasi cara mendengar) dan kinestetik (belajar dengan diminasi cara bergerak, bekerja dan menyentuh). Hasil observasi yang telah dilakukan di SMP Negeri 22 Padang, bahwa guru masih jarang menggunakan metode, model dan media pembelajaran yang bervariasi. Pada saat belajar masing-masing peserta didik kurang memahami gaya belajar (modalitas) yang dimilikinya. Hal ini dapat menyebabkan tidak seimbang antara gaya belajar peserta didik dengan model, metode ataupun media pembelajaran yang digunakan guru sehingga menyebabkan rendahnya kompetensi kognitif peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan gaya belajar dengan kompetensi kognitif peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar, angket, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus korelasi Pearson Product Moment. Pengujian korelasi dilakukan dengan menggunakan rumus t untuk mengetahui koefisien korelasi berarti atau tidak. Analisis persentase sumbangan pengaruh gaya belajar peserta didik terhadap kompetensi kognitif peserta didik dilakukan analisis menggunakan koefisien penentu/determinan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hubungan antara gaya belajar dengan kompetensi kognitif peserta didik tidak terdapat korelasi yang berarti . Gaya belajar yang dominan yaitu gaya belajar visual, lalu gaya belajar kinestetik dan yang paling sedikit yaitu gaya belajar auditorialal. Kesimpulan penelitian ini tidak terdapat hubungan yang berarti antara gaya belajar dengan kompetensi kognitif peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 29 Mar 2021 01:02
Last Modified: 29 Mar 2021 01:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30625

Actions (login required)

View Item View Item