Pengembangan Model Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Sikap Jujur dan Tanggung Jawab

Nora, Desri (2020) Pengembangan Model Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Sikap Jujur dan Tanggung Jawab. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_DESRI_NORA_16169007_3172_2020.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tulisan ini diilhami dari adanya degradasi sikap mahasiswa yang mengarah pada buruknya citra akademisi di perguruan tinggi. Diantaranya, memudamya sikap jujur dan tanggung jawab mahasiswa terhadap tugas dan pembelajaran yang diikutinya sehingga berdampak pada peran mahasiswa di tengah-tengah masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan sikap jujur dan tanggung jawab dalam mata kuliah ISBD pada mahasiswa UNP. Prosedur penelitian ini dilakukan melalui penelitian pengembangan dengan menggunakan model penelitian desain pendidikan. Langkah model desain pendidikan ini adalah penelitian pendahuluan, pengembangan prototype, dan penilaian. Langkah ini dirancang sebagai sebuah desain model pembelajaran kontekstual ke dalam pembelajaran mata kuliah ISBD sehingga model pengembangan ini disebut model ISBDBASIKO. Pengembangan model pembelajaran ini dilaksanakan menggunakan model ADDIE (analyze, design, developement, implementation dan evaluation). Untuk instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi dan angket. Selanjutnya, dilakukan pengujian terhadap model yang dikembangkan secara validitas, praktikalitas, dan efektifitasnya yang mana dalam uji ini melibatkan beberapa ahli diantaranya ahli bahasa, materi, dan desain. Hasil penelitian ini memperlihtkan bahwa model ISBDBASIKO lebih efektif dibandingkan dengan model konvensional. Hasil belajar mahasiswa meningkat dan sikap jujur dan bertanggung jawab mahasiswa yang memakai model pembelajaran ISBDBASIKO lebih baik dari pada model konvensional. Sehingganya, model pembelajaran ISBDBASIKO bisa dijadikan sebagai salah satu altematif pembelajaran ISBD diperguruan tinggi.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 16 Mar 2021 06:33
Last Modified: 16 Mar 2021 06:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30553

Actions (login required)

View Item View Item