Hubungan Antara Kompetensi Sosial Tutor dengan Motivasi Belajar Warga Belajar Pendidikan Kesetaraan Paket C di SPNF-SKB Kabupaten Kerinci

Santora, Agung (2021) Hubungan Antara Kompetensi Sosial Tutor dengan Motivasi Belajar Warga Belajar Pendidikan Kesetaraan Paket C di SPNF-SKB Kabupaten Kerinci. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_AGUNG_SANTORA_16005002_881_2021.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar warga belajar pendidikan kesetaraan paket C di SPNF-SKB Kabupaten Kerinci. Penulis menduga salah satu faktor penyebabnya rendahnya kompetensi sosial tutor. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kompetensi sosial tutor dan motivasi belajar warga belajar pendidikan kesetaraan paket C di SPNF-SKB Kabupaten Kerinci dan melihat hubungan antara kompetensi sosial tutor dengan motivasi belajar warga belajar pendidikan kesetaraan paket C di SPNF-SKB Kabupaten Kerinci. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan jenis penelitiann korelasional. Populasi penelitian ini adalah warga belajar pendidikan kesetaraan paket C di SPNF-SKB Kabupaten Kerinci yang berjumlah 50 orang. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 30 dengan penarikan sampel stratified random sampling. Jenis data dalam penelitian ini adalah data tentang kompetensi sosial tutor dan data tentang motivasi belajar warga belajar pendidikan kesetaraan paket C di SPNF-SKB Kabupaten Kerinci yang terpilih sebagai sampel. Sumber data dalam penelitian ini adalah warga belajar pendidikan kesetaraan paket C di SPNF-SKB Kabupaten Kerinci. Teknik pengumpulan data berupa angket dan alat pengumpulan data berupa kuisioner. Teknik analisis data menggunakan Persentase dan Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kompetensi sosial tutor masih rendah. (2) Sedangkan motivasi belajar warga belajar pendidikan kesetaraan paket C pada kategori rendah. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi sosial tutor dengan motivasi belajar warga belajar pendidikan kesetaraan paket C. Saran dalam penelitian ini diharapkan kepada pengelola untuk dapat memfasilitasi tutor dalam mengembangkan kompetensi yang dimiliki serta diharapkan kepada tutor untuk lebih meningkatkan kompetensi yang dimiliki khususnya kompetensi sosial tutor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 16 Mar 2021 06:32
Last Modified: 16 Mar 2021 06:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30551

Actions (login required)

View Item View Item