Rulianita, Resky (2021) Meningkatkan Kemampuan Olah Tubuh Siswa dengan Menggunkan Metode Tutor Sebaya pada Pembelajaran Tari di SMKN 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_06_RESKY_RULIANITA_15023024_185_2021.pdf Download (49kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Kemampuan Olah Tubuh Siswa dengan Menggunakan Metode Tutor Sebaya Pada Pembelajaran Tari di Kelas X Tari 2 SMKN 7 Padang. Jenis penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunkan instrument berupa lembar pengamatan observasi siswa dalam proses pembelajaran, sedangkan untuk mengetahui peningkatan kemamapuan siswa digunakan lembar evaluasi / tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode tutor sebaya dapat meninggkatkan kemampuan olah tubuh siswa. Persentase akitivitas belajar positif siswa pada siklus I pertemuan ke – 1 yaitu 32%, pada pertemuan ke – 2 yaitu 40% dan pada pertemuan ke – 3 yaitu 56%, sedangkan aktifitas belajar negative siswa pada siklus I pertemuan ke – 1 yaitu 68%, pada pertemuan ke – 2 yaitu 60% dan pada pertemuan ke – 3 yaitu 44%. Setelah melakukan perbaikan, persentase aktivitas belajar positif sisiwa meninggkat menjadi 76% pada pertemuan pertama dan 88% pada pertemuan ke dua sedangkan aktivitas belajar negatifnya menurun menjadi 24% pada pertemuan pertama dan 12% pada pertemuan ke dua. Penggunaan metode tutor sebaya di kelas X Tari 2 juga berdampak pada nilai rata – rata hasil belajar siswa. Dapat dilihat dari persentase ketuntasan belajar siswa 44% pada siklus I meningkat menjadi 92% pada siklus II. Rata – rata hasil belajar siswa juga meningkat dari 55,2 menjadi 78,8. Jadi dengan menggunkan metode tutor sebaya dapat meningkatkan kemmampuan olah tubuh siswa dikelas X Tari 2 SMKN 7 Padang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) M Music and Books on Music > ML Literature of music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli |
Date Deposited: | 16 Mar 2021 01:38 |
Last Modified: | 16 Mar 2021 01:38 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30512 |
Actions (login required)
View Item |