Pengembangan LKS Fisika Bermuatan Literasi Saintifik pada Materi Fluida Statis dan Fluida Dinamis untuk Siswa Kelas XI SMA

Zalpita, Efni (2021) Pengembangan LKS Fisika Bermuatan Literasi Saintifik pada Materi Fluida Statis dan Fluida Dinamis untuk Siswa Kelas XI SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_EFNI_ZALPITA_15033030_904_2020.pdf

Download (650kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang bahwa Abad ke-21 merupakan abad berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) secara pesat yang menjadi patokan kemajuan bangsa. Untuk memajukan kehidupan bangsa Indonesia sangat diperlukan pendidikan. Proses pendidikan diharapkan mampu menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas agar dapat menjawab tantangan zaman yang selalu mengalami perubahan. Manusia yang berkualitas adalah manusia yang mampu memenuhi tantangan abad ke-21, salah satunya mengembangkan budaya literasi. Namun, kenyataan disekolah menunjukkan bahwa literasi masih terbatas pada literasi dasar saja. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan validitas terhadap LKS Fisika bermuatan literasi saintifik. Prosedur penelitian yang dilakukan berpedoman kepada langkah-langkah penelitian dan pengembangan (Research and Development) menurut Sugiyono. Tahap-tahap yang dilakukan pada penelitian ini, yaitu: ( 1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, dan (5) revisi desain. Uji kelayakan yang dilakukan berupa uji validitas oleh 3 orang dosen Fisika FMIPA UNP sebagai validator. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket validitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dihasilkan poduk berupa LKS Fisika bermuatan literasi saintifik pada materi fluida statis dan fluida dinamis. Produk yang telah dibuat dinilai sangat valid dari aspek penilaian kelayakan isi, penyajian, kebahasaan dan kegrafisan dengan nilai 85,95. Secara keseluruhan LKS Fisika bermuatan literasi saintifik berada pada kategori sangat kuat sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran fisika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:43
Last Modified: 05 Apr 2021 00:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30495

Actions (login required)

View Item View Item