Manajemen Pengadaan Bahan Makanan Selama Pandemi Covid 19 Di Hotel Arumas Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman

Putra, Syahdan Setiawan Dwi (2020) Manajemen Pengadaan Bahan Makanan Selama Pandemi Covid 19 Di Hotel Arumas Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
4_A_SYAHDAN_SETIAWAN_DWI_PUTRA_16135063_3666_2020.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena terjadinya pandemi covid-19. Covid-19 mengakibatkan masalah pada pembelian bahan makanan di Hotel Arumas yaitu: (1) Terjadi penurunan tingkat hunian sebesar 50%. (2) Produksi di kitchen tetap harus berjalan karena kariawan di Hotel Arumas mendapatkan konsumsi dari hotel (3) Petugas pengadaan bahan makanan Hotel Arumas melakukan pengadaan bahan makanan via telepon. (4) Ketidaklengkapan bahan makanan yang tersedia pada supplier. (5) Supplier tidak beroperasi selama pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pengadaan bahan makanan di Hotel Arumas ditinjau dari aspek alur kerja pembelian barang yaitu: Permintaan Pembelian, Order Pembelian, Penerimaan Barang, dan Pencatatan Pembelian. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan data kualitatif. Variabel penelitiannya adalah bagian Manajemen Pengadaan Bahan Makanan Di Hotel Arumas. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Melibatkan informan di dalamnya, yaitu: Manajer Hotel Arumas sebanyak 1 orang, Accounting Hotel Arumas sebanyak 1 orang, chef Hotel Arumas sebanyak 1 orang, serta supplier 2 orang. Teknik pengambilan sampel adalah Non Probability Sampling dengan kriteria Purposive Sampling. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan beberapa hal berkaitan dengan Manajemen Pengadaan Bahan Makanan Di Hotel Arumas yaitu : (a) permintaan pembelian, chef akan melaporkan bahan makanan yang sudah habis kepada manajer hotel. Manajer hotel akan membuat daftar yang akan dibeli. (b) order pembelian, pembelian bahan makanan dari kitchen dengan melapor kepada Manajer Hotel (c) penerimaan pembelian, Jika tidak ada manajer hotel maka akan digantikan oleh chef untuk menerima bahan makanan yang datang (d) pencatatan pembelian, manajer hanya melakukan pencatatan seadanya menggunakan kertas tertentu untuk pencatatan pembelian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 15 Mar 2021 01:46
Last Modified: 15 Mar 2021 01:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30476

Actions (login required)

View Item View Item