Stepy, Yolanda (2020) Modal Sosial Paguyuban di Lingkungan Masyarakat Transmigrasi dalam Pengembangan Fasilitas Pendidikan di SD Negeri 005 Petapahan Jaya Kabupaten Kampar. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_04_YOLANDA_STEPY_18161063 _18161063_1878_2020.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Terwujudnya pendidikan yang berkualitas dapat diwujudkan dengan kerj asama antar elemen baik pemerintah, swasta, dan masyarakat. Pelibatan masyarakat tidak hanya dalam bentuk bantuan fisik ( capital) tetapi juga berwujud modal sosial ( capital social) sebagai kunci bagi pembangunan dan pengembangan pendidikan yang berkualitas. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengembangan fasilitas, peran paguyuban dalam mengembangkan fasilitas pendidikan dan bentuk modal sosial paguyuban dalam pengembangkan fasilitas pendidikan di SD N egeri 005 Petapahan Jaya Kabupaten Kampar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan, wawancara dan pemanfaatan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan pengembangan fasilitas dilakukan secara bertahap dan bergotong royong, peran dari paguyuban masyarakat untuk membantu sekolah dalam pengembangan fasilitas yang tidak dapat dibiayai oleh bantuan oprasional sekolah (BOS) serta paguyuban masyarakat sebagai kontrol sosial, ada tiga elemen modal sosial paguyuban dalam mengembangkan fasilitas pendidikan di SD Negeri 005 Petapahan Jaya Kabupaten Kampar: ( 1) Jaringan Sosial, berupa partisipasi dan solidaritas masyarakat (2) Kepercayaan dalam bentuk kejujuran dan kerjasama (3) adanya norma yang dimiliki bersama
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos. |
Date Deposited: | 12 Mar 2021 02:50 |
Last Modified: | 12 Mar 2021 02:50 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30447 |
Actions (login required)
View Item |