Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning yang di Intervensi Teknologi Informasi terhadap Kompetensi Abad 21 Peserta Didik Kelas XI SMAN 7 Padang

Elmanazifa, Sintia (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning yang di Intervensi Teknologi Informasi terhadap Kompetensi Abad 21 Peserta Didik Kelas XI SMAN 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_SINTIA_ELMANAZIFA_18178049_1679_2020.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kompetensi abad 21 (berpikir kritis, kreativitas, komunikasi dan kolaborasi), perlu dikembangkan dalam proses pembelajran. Namun, proses pembelajaran di sekolah belum sepenuhnya menerapkan model pembelajaran yang mengembangkan kompetensi peserta didik yang diperlukan di era abad 21 ini. Dari hasil pengamatan di SMAN 7 Padang yang dilakukan pada semester Januari-Juni 2019, pembelajaran di sekolah masih dominan berpusat pada guru, masih kurangnya pemanfaatan Teknologi Informasi (TI), tidak aktif, dan kurang minat belajar dikelas. Untuk mengatasi permasalahan yang dikemukakan tersebut adalah menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang diintervensi dengan penggunaan TI. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi abad 21 peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian factorial design 2x4. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMAN 7 Padang yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2019/2020 yang dibagi kedalam 6 kelas. Penentuan sampel ditentukan dengan cluester random sampling. Instrumen yang digunakan berupa soal essay untuk menilai berpikir kritis, dan rubrik untuk menilai kreativitas, komunikasi, dan kolaborasi. Analisis data yang digunakan yaitu uji Anova dua arah. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran PBL yang diintervensi teknologi informasi terhadap kompetensi abad 21 peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 10 Mar 2021 02:20
Last Modified: 10 Mar 2021 02:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30402

Actions (login required)

View Item View Item