Pengembangan Penuntun Praktikum Taksonomi Tumbuhan Tinggi Bernuansa Pendekatan Inkuiri Terbimbing untuk Mahasiswa STKIP PGRI Sumatera Barat

Jamal, Rizaldi Putra (2020) Pengembangan Penuntun Praktikum Taksonomi Tumbuhan Tinggi Bernuansa Pendekatan Inkuiri Terbimbing untuk Mahasiswa STKIP PGRI Sumatera Barat. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_RIZALDI_PUTRA_JAMAL_18177031_1678_2020.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penuntun praktikum merupakan salah satu perangkat yang sangat dibutuhkan pada pelaksanaan kegiatan praktikum. Penuntun praktikum Taksonomi Tumbuhan Tinggi yang digunakan pada Laboratorium STKIP PGRI Sumatera Barat merupakan penuntun yang disediakan oleh Dosen pengampu mata kuliah, yang belum memiliki pendekatan dan masih bersifat verifikasi dengan panduan model resep ( cookery book type) yang belum optimal dalam mengembangkan keterampilan proses sains mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan penuntun praktikum Taksonomi Tumbuhan Tinggi dengan menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing yang valid, praktis dan efektif. Pada penelitian ini peneliti menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari 3 tahapan, investigasi awal, tahap pembuatan prototipe dan tahap penilaian. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data meliputi lembar instrumen validitas, instrumen praktikalitas, dan instrumen efektivitas. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah mahasiswa mata kuliah Taksonomi Tumbuhan Tinggi Program Studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat angkatan 2018 dengan kelas eksperimen berjumlah 28 orang dan kelas kontrol berjumlah 22 orang. Hasil penelitian pengembangan penuntun praktikum Taksonomi Tumbuhan Tinggi bemuansa Pendekatan Inkuiri Terbimbing untuk mahasiswa didapatkan nilai validitas dengan kategori sangat valid, nilai praktikalitas dengan kategori sangat praktis dan nilai efektifitas sangat efektif dibuktikan dengan meningkatnya kompetensi kognitif, afektif, serta psikomotor mahasiswa

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 10 Mar 2021 02:19
Last Modified: 10 Mar 2021 02:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30391

Actions (login required)

View Item View Item