Efektivitas Layanan Informasi dengan menggunakan Pendekatan Small Group Discussion untuk Meningkatkan Sikap Toleransi Siswa

Karisma, Sally Putri (2020) Efektivitas Layanan Informasi dengan menggunakan Pendekatan Small Group Discussion untuk Meningkatkan Sikap Toleransi Siswa. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_SALLY_PUTRI_KARISMA_16151068_3028_2020.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sikap toleransi merupakan suatu sikap untuk menghargai, menerima dan mengakui adanya perbedaan dan keberagaman agama, etnis, keyakinan, kepercayaan dan pendapat orang lain tanpa memerlukan persetujuan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih ditemukanya siswa yang memliki sikap intoleransi atau tidak toleransi terhadap temannya, masih banyak siswa yang berinteraksi secara berkelompok-kelompok, kurang kerjasama saat proses belajar, tidak dapat menghargai pendapat teman, memiliki persepsi negatif terhadap suatu, suku, kepercayaan lain. Upaya yang dilakukan Guru Bimbingan dan Konseling atau Konselor melalui layanan informasi dengan menggunakan pendekatan Small Group Discussion. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penggunaan layanan informasi dengan menggunakan pendekatan Small Group Discussion untuk meningkatkan sikap toleransi siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan rancangan The Non Equivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 7 SMA Negeri 2 Jayapura sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas XI IPA 7 SMA Negeri 1 Jayapura sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah model Skala Likert, yang disusun peneliti dengan validitas 0,359 dan reliabilitas 0,884. Data dianalisis menggunakan Wilcoxon Rank Test dan Kolmogorov Smirnov Two Independent Samples dengan bantuan SPSS versi 20.00. Temuan penelitian ini secara umum menunjukkan bahwa layanan informasi dengan menggunakan pendekatan Small Group Discussion efektif untuk meningkatkan sikap toleransi pada siswa. Selanjutnya, temuan penelitian ini secara khusus yaitu: (1) terdapat perbedaan yang signifikan sikap toleransi siswa pada kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi dengan menggunakan pendekatan Small Group Discussion, (2) terdapat perbedaan sikap toleransi siswa pada kelompok kontrol sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi tanpa menggunakan pendekatan Small Group Discussion, dan (3) terdapat perbedaan sikap toleransi siswa antara kelompok eksperimen yang diberikan layanan informasi dengan menggunakan pendekatan Small Group Discussion dengan kelompok kontrol yang diberikan layanan informasi tanpa menggunakan pendekatan Small Group Discussion

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 10 Mar 2021 02:19
Last Modified: 10 Mar 2021 02:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30390

Actions (login required)

View Item View Item