Peningkatan Hasil Belajar Siswadalam Mata Pelajaran Jahit Perca Melalui Metode Resitasi di Kelas XI Kriya Kreatif Batik dan Tekstil B SMK Negeri 4 Padang

Fanovi, Heris (2020) Peningkatan Hasil Belajar Siswadalam Mata Pelajaran Jahit Perca Melalui Metode Resitasi di Kelas XI Kriya Kreatif Batik dan Tekstil B SMK Negeri 4 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_HERIS_FANOVI_1207555_3661_2020.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode resitasi pada mata pelajaran Jahit Perca di kelas XI Kriya Kreatif Batik dan Tekstil. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Populasi pada penelitian adalah siswa yang mengikuti mata pelajaran jahit perca yang berjumlah 26 orang. Prosedur yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini berbentuk siklus yang akan berlangsung melalui dua siklus, dimana setiap siklus bisa terdiri dari satu pertemuan atau lebih. Analisis data dalam pengujian keberhasilan dilakukan dengan cara membandingkan hasil kerja siswa. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu analisis kualitatif dengan mengunakan presentase dan analisis kuantitatif dengan mencari rata-rata yang dimaksudkan sejauh mana keberhasilan siswa setelah dilakukan tindakan dan variansi, serta simpangan baku yang dimaksudkan untuk memperoleh gambaran peningkatan keberhasilan proses pembelajaran dari satu tindakan ketindakan yang berikutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Metode Resitasi dapatmeningkatkanhasil belajar PadaSiswa Kelas XI KKBT B SMK Negeri 4 Padang. Peningkatan hasil belajar tersebut dapat dilihat sebagai berikut: (1) Hasil latihan pada pra siklusatau kondisi awal sebelumdilaksanakanrata-rata siswa hanya 58,85, siswa yang tuntas hanya 7 orang dan persentase 26,92%. (2) Hasil latihan pada siklus pertama menghasilkannilaidiperoleh rata-rata siswa hanya 75.77, siswa yang tuntas hanya 19 orang dan persentase 73.08%, (3) Hasil latihan pada siklus kedua menghasilkan nilai diperoleh rata-rata siswa hanya 83.85, siswa yang tuntas 26 orang dan persentase 100%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 09 Mar 2021 02:44
Last Modified: 09 Mar 2021 02:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30389

Actions (login required)

View Item View Item