Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Brain Based Learning (BBL) Berbantuan Mind Map terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMPN 29 Padang

Maulani, Silva Haya (2020) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Brain Based Learning (BBL) Berbantuan Mind Map terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMPN 29 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_SILVA_HAYA_MAULANI_16031115_2572_2020.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari dari permasalahan yang terdapat dalam proses pembelajaran IPA di SMPN 29 Padang. Permasalahan tersebut yaitu proses pembelajaran belum melibatkan peserta didik aktif karena guru masih dominan mengajar dengan metode ceramah (teacher centered). Akibatnya, hasil belajar peserta didik relatif rendah, selain itu proses pembelajaran peserta didik hanya sebagian peserta didik yang mengumpulkan tugas tepat waktu, berani maju kedepan kelas dan memberikan pendapat, serta mau bekerjasama saat belajar kelompok. Salah satu upaya yang dapat mengatasi masalah tersebut maka dilakukan penelitian dengan tujuan mengungkapkan pengaruh melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Brain Based Learning (BBL) berbantuan Mind Map terhadap kompetensi belajar peserta didik kelas VIII SMPN 29 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan Randomized Control Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didikkelas VIII tahun ajaran 2019/2020 yang terdaftar sebanyak 9 kelas dengan jumlah 263 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel yang terpilih yaitu kelas VIII.8 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.9 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa soal posttest dalam bentuk pilihan ganda untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap dan keterampilan. Sebelum digunakan, instrumen divalidasi lebih dulu melalui uji coba soal. Data dianalisis menggunakan statistik uji t. Hasil dari penelitian menunjukkan nilai kompetensi pengetahuan (64,95), kompetensi sikap (63,71), dan kompetensi keterampilan (70,48) pada kelas eksperimen secara signifikan lebih tinggi daripada kelas kontrol berturut-turut 57,14; 55,38; 56,95. Hasil analisis hipotesis di ketahui bahwa thitung pada ketiga kompetensi ini lebih besar dari ttabel. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Brain Based Learning (BBL) berbantuan Mind Map berpengaruh terhadap kompetensi belajar peserta didik kelas sampel di SMPN 29 Padang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Mar 2021 03:34
Last Modified: 08 Mar 2021 03:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30356

Actions (login required)

View Item View Item