Studi Komparatif Tari Silampari Khayangan Tinggi dengan Tari Sambut Silampari Sumatera Selatan Studi Komparatif Tari Silampari Khayangan Tinggi dengan Tari Sambut Silampari Provinsi Sumatera Selatan

Levia, Ninda (2020) Studi Komparatif Tari Silampari Khayangan Tinggi dengan Tari Sambut Silampari Sumatera Selatan Studi Komparatif Tari Silampari Khayangan Tinggi dengan Tari Sambut Silampari Provinsi Sumatera Selatan. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_NINDA_LEVIA_18161029_1820_2020.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan dan persamaan antara Tari Silampari Khayangan Tinggi dengan Tari Sambut Silampari. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif Objek penelitian ini adalah Tari Silampari Khayangan Tinggi dengan Tari Sambut Silampari di Kota Lubuklinggau. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara kajian pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) mengoleksi data, (2) menyeleksi data, (3) menyajikan data, (4) menguji dan menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perbedaan dan persamaan struktur bentuk penyajian tari Silampari Khayangan Tinggi dan tari Sambut Silampari di Sumatera Selatan memiliki beberapa perbedaan dan persamaan. Perbedaan struktur kedua tarian ini terletak pada gerak tari, desain lantai, tata busana, aksesoris, property, dan iringan music. Sementara persaannya terletak pada bagian gerak tari, desain lantai,tata rias, tata busana, aksesoris, property, dan rrmgan music. Perbedaan dan persamaan tari Silampari Khayangan Tinggi dan tari Sambut Silampari di Sumatera Selatan, tidak memiliki perbedaan dalam fungsi penyajiannya namun sesuai dengan pembagiannya tarian ini digunakan sesuai dengan asal daerahnya masing-masing. Kedua tari ini memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk menyambut para tamu yang hadir kekota lubuklinggau dan kabupaten musirawas. Selain untuk menyambut tamu agung, tarian ini juga digunakan dalam acara pesta perkawinan dan pestarakyat lainnya. Factor yang mempengaruhu perbedaan dan persamaan tari Silampari Khayangan Tinggi dan tari Sambut Silampari. Adapun factor yang mempengaruhi persamaan tari Silampari Khayangan Tinggi dan tari Sambut Silampari terdiri dari factor geografis, sosiologis, filosofis, estetis, dan factor identitas. Sedangkan factor yang mempengaruhi perbedaan tari Sambut Silampari Khayangan Tinggi dan tari Sambut Silampari adalah factor geografis, sosiologis, filosofis, dan factor estetis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 08 Mar 2021 03:34
Last Modified: 08 Mar 2021 03:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30346

Actions (login required)

View Item View Item