Efektivitas Pendidikan Karakter-Cerdas Format Kelompok (PKC-KO) untuk MencegaPerilaku Perundungan

Harlianda, Diantifani (2020) Efektivitas Pendidikan Karakter-Cerdas Format Kelompok (PKC-KO) untuk MencegaPerilaku Perundungan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_DIAN_TIFANI_HARLIANDA_17151016_4180_2020.pdf

Download (473kB) | Preview

Abstract

Fenomena perundungan di Indonesia sangat mengkhawatirkan bagi perkembangan kehidupan remaja.Remaja rentan untuk melakukan perbuatan perundungan dikarenakan memiliki pengendalian diri yang lemah dan mudah terbawa emosr. Penelitian mt menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen.Desain yang digunakan adalah pre-eksperiment one group pretest- posttest design. Data yang dikumpulkan dari sampel 33 siswa, dengan menggunakan teknik purposive sampling.Kelompok eksperimen dibagi menjadi 3 kelompok yaitu kelompok A, kelompok B dan kelompok C. Setiap kelompok terdiri dari 11 anggota. Data dikumpulkan menggunakan skala kondisi tentang berpikir, merasa, bersikap, bertindak, bertanggungjawab siswa terhadap perundungan (55 item yang valid = 0,889). Data dianalisis menggunakan wilcoxon signed rank test dengan bantuan SPSS versi 20,00. Temuan penelitian menunjukkan secara umum pendidikan karakter-cerdas format kelompok efektif untuk meningkatkan kondisi tentang berpikir, merasa, bersikap, bertindak, bertanggungjawab siswa terhadap perundungan sehingga dapat mencegah perilaku perundungan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 05 Mar 2021 02:18
Last Modified: 05 Mar 2021 02:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30298

Actions (login required)

View Item View Item