Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Virus dan Bakteri untuk Siswa Kelas X SMAN 1 V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman

Wardani, Dita (2020) Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Virus dan Bakteri untuk Siswa Kelas X SMAN 1 V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_DITA_WARDANI_17177009_1757_2020.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan investigasi awal yang telah dilakukan peneliti dengan mewawancarai 2 orang guru biologi dan 60 orang siswa dari 2 sekolah yaitu SMAN 1 V Koto Kampung Dalam dan SMAN 1 VKoto Timur, diperoleh informasi bahwa di kedua sekolah tersebut bahan ajar yang digunakan masih dalam bentuk buku teks dan LKPD yang belum terbukti valid, praktis, dan efektif Bahan ajar yang digunakan belum merangsang kemampuan siswa dalam proses berfikir kritis pada proses pemecahan masalah. Kompetensi siswa dalam proses pemecahan masalah belum terlatih. Oleh karena itu siswa membutuhkan bahan ajar berupa modul yang berbasis PBL pada materi virus dan bakteri. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran berbasis PBL pada materi virus dan bakteri yang valid praktis dan efektif Penelitian pengembangan ini menggunakan model Plomp yang terdiri dari tiga tahap yaitu, 1) tahap investigasi awal 2) tahap pengembangan atau pembuatan prototype dan 3) tahap penilaian. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMAN 1 V Koto Kampung Dalam. Validasi dilakukan oleh 3 orang validator. Kepaktisan modul dilihat dari pengisian lembar praktikalitas oleh guru dan siswa.keefektifan dilihat berdasarkan hasil kompetensi siswa dari aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas modul berbasis PBL memperoleh nilai 84,04% dengan kategori sangat valid. Nilai praktikalitas respon guru memperoleh 91,76% dengan kategori sangat praktis, nilai praktikalitas oleh siswa adalah 85,22% kategori sangat praktis. Nilai kompetensi ranah afektif adalah 78,61 dengan kategori afektif, nilai kompetensi ranah kognitif adalah 86,06% dengan kategori efektif dan nilai kompetensi ranah psikomotor adalah 79, 72% dengan kategori efektif Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa modul pmbelajaan berbasis PBL pada materi virus dan bakteri untuk siswa kelas X SMA dapat dinyatakan valid, praktis dan efektif

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 03 Mar 2021 03:31
Last Modified: 03 Mar 2021 03:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30257

Actions (login required)

View Item View Item