Studi Literatur Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Peserta Didik

Khaira, Fannisa (2020) Studi Literatur Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Peserta Didik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_FANNISA_KHAIRA_16031006_2878_2020.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya kompetensi pengetahuan peserta didik pada pelajaran IPA di SMPN 13 Padang serta kurangnya penggunaan model pembelajaran yang melibatkan peserta didik secara aktif. Solusi dari masalah ini adalah dengan penerapan Model pembelajaran kooperatif tipe Role playing. Model ini membuat peserta didik aktif memerankan peran di depan kelas menjadi benda mati ataupun makhluk hidup bersama teman-temannya karena pada pembelajaran efektif dimulai dari lingkungan yang berpusat pada diri murid. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Role Playing terhadap kompetensi pengetahuan IPA peserta didik melalui studi literatur. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi literatur dengan menggunakan analisis deskriptif. Data yang digunakan berupa data sekunder yaitu jurnal ilmiah seperti artikel. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dengan teknik analisis data dengan beberapa tahapan yaitu tahapan persiapan, pelaksanaan, dan penyelesaian. Prosedur yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menelusuri artikel-artikel yang terdapat pada jurnal online di penelusuran Google Scholar, Mengumpulkan artikel-artikel yang berkaitan dengan kriteria telah memiliki ISSN, kemudian me-review masing-masing artikel yang terpilih, Menarik kesimpulan dari review masing-masing artikel. Hasil review artikel didapatkan bahwa terdapat pengaruh antara model Role Playing dengan kompetensi pengetahuan peserta didik melalui studi litertur. Dibuktikan dengan penelitian Hartisa (2014), Sutiyani (2015), Purba (2016), Yunus (2019), Muslarita (2020). Pembelajaran dengan menggunakan model Role Playing dapat meningkatkan kompetensi pengetahuan peserta didik Peningkatan kompetensi pengetahuan dapat dilihat dari perbedaan hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat Diharapkan dengan penelitian ini dapat menjadi sumber informasi dan acuan dalam penggunaan Model Role Playing sehingga pembelajaran efektif dapat terlaksana dan kompetensi pengetahuan IPA peserta didik menjadi lebih baik dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 01 Mar 2021 06:34
Last Modified: 01 Mar 2021 06:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30217

Actions (login required)

View Item View Item