Meta-Analisis Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Fisika di SMA

Sari, Revi Febrina (2020) Meta-Analisis Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Fisika di SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_REVI_FEBRINA_SARI_16033079_2714_2020.pdf

Download (748kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran dalam kurikulum 2013 dapat dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan berbasis keilmuan yaitu pembelajaran yang mengadopsi langkah-langkah saintis menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Hasil penelitian terdahulu menyatakan bahwa pembelajaran yang dilakukan di kelas hanya memberi siswa sejumlah konsep hafalan, banyak para guru yang cenderung menggunakan metode konvensial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran Fisika. Metode yang digunakan adalah meta-analisis yaitu merangkum dan menganalisis hasil-hasil penelitian yang telah dipublikasikan secara nasional maupun intemasional yang berkaitan dengan model inkuiri terbimbing dalam terhadap hasil belajar siswa pembelajaran Fisika. Variabel-variabel yang digunakan pada penelitian ini diantaranya ialah variabel bebas, variabel terikat dan variabel moderat. Variabel bebas adalah model pembelaj aran inkuiri terbimbing, variabel terikat adalah hasil belajar siswa, dan variabel moderat adalah materi pembelajaran dan tingkatan kelas. Hasil dari penelitian ini adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa sama-sama efektif digunakan baik pada aspek pengetahuan maupun aspek keterampilan dengan kategori effect size besar. Model pembelajaran inkuiri terbimbing efektif digunakan pada aspek keterampilan Higher Order thinking Skills (HOTS) siswa. Dilihat dari materi pembelajaran, model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih efektif digunakan pada materi resonansi bunyi. Sedangkan, ditinjau dari tingkatan kelas, model inkuiri terbimbing bisa diterapkan pada kelas X dan XI SMA. Maka dapat simpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing pada pembelajaran Fisika sangat efektif digunakan dalam menunjang hasil belajar siswa terutama kemampuan Higher Order thinking Skills (HOTS) siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 01 Mar 2021 02:57
Last Modified: 01 Mar 2021 02:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30207

Actions (login required)

View Item View Item