Pengaruh Strategi Literasi Berbantuan Model Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IX di SMPN 4 Sungai Penuh

Warlinda, Yulia Asri (2020) Pengaruh Strategi Literasi Berbantuan Model Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IX di SMPN 4 Sungai Penuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_YULIA_ASRI_WARLINDA_16035044_1606_2020.pdf

Download (700kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari dari permasalahan yang ada di SMPN 4 Sungai Penuh yaitu fasilitas kegiatan literasi belum memadai serta pemilihan model pembelajaran yang kurang tepat. Maka upaya yang dapat dilakukan dengan menerapkan model guided discovery learning untuk membantu proses literasi yang diintergrasikan ke dalam modul dengan dilengkapi alat bantu desain gratis sebagai bentuk strategi literasi. Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi literasi berbantuan model guided discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas IX di SMPN 4 Sungai Penuh. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu dengan rancangan jenis randomized control posttest group only design. Populasi terdiri dari seluruh peserta didik kelas IX di SMPN 4 Sungai Penuh yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020. Sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling sehingga sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas IX D sebagai kelas eksperimen dan IX C sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar ranah kognitif dalam bentuk soal pilihan ganda. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas serta uji hipotesis. Data hasil uji normalitas dan homogenitas diperoleh data yang terdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Oleh karena itu uji hipotesis dilakukan dengan uji t dan diperoleh nilai thitung>ttabel• Berdasarkan analisis data diperoleh nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 67,62 dan kelas kontrol sebesar 50,5 menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan dari pada kelas kontrol. Analisis data tersebut menunjukkan bahwa hipotesis diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi literasi berbantuan model guided discovery learning berpengaruh dan signifikan terhadap hasil belajar pada ranah kognitif peserta didik kelas IX di SMPN 4 Sungai Penuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 Feb 2021 07:38
Last Modified: 26 Feb 2021 07:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30205

Actions (login required)

View Item View Item