Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Projek pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital SMK

Zekri, Zekri (2020) Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Projek pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital SMK. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_A_ZEKRI_17138055_1830_2020.pdf

Download (733kB) | Preview

Abstract

Penyiapan sumber daya manusia yang menguasai keterampilan abad ke-21 akan efektif jika ditempuh melalui j alur pendidikan. Dengan kondisi demikian guru dituntut untuk dapat melakukan suatu inovasi pembelajaran. Inovasi yang dapat dilakukan oleh guru dengan memilih model pembelajaran yang tepat, guna meningkatkan motivasi, kemampuan, keterampilan dan efektivitas belajar siswa. Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan produk berupa modul pembelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital berbasis projek yang bertujuan memfasilitasi keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa SMK. Desain pengembangan dilaksanakan menggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan 4-D yang terdiri atas 4 tahap utama yaitu: Define, Design, Develop, dan Disseminate. Subjek penelitian yaitu siswa kelas X di SMK Negeri 7 Padang tahun ajaran 2019/2020. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari lembar angket observasi keterampilan komunikasi, lembar angket observasi keterampilan kolaborasi, lembar angket penilaian diri keterampilan kolaborasi, lembar angket penilaian teman sebaya keterampilan kolaborasi. Penelitian ini menggunakan metode Posttest Only Control Group Design. Data keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa diolah dengan uji signifikansi menggunakan Uji Independen T test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa modul simulasi dan komunikasi digital yang dikembangkan dapat meningkatkan keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa SMK; skor penilaian keterampilan komunikasi siswa pada kelas kontrol adalah 36, 11 % dengan kategori "kurang" dan 82,41 % dengan kategori "sangat baik" pada kelas eksperimen dan uji signifikansi dengan nilai signifikansi (Sig) sebesar 0,000; skor penilaian keterampilan kolaborasi siswa pada kelas kontrol adalah 38,88% dengan kategori "kurang" dan 83,97% dengan kategori "sangat baik" pada kelas eksperimen dan uji signifikansi dengan nilai signifikansi (Sig) sebesar 0,000.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 26 Feb 2021 07:03
Last Modified: 26 Feb 2021 07:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30199

Actions (login required)

View Item View Item