Pengembangan Media Pembelajaran Power Point-iSpring Terintegrasi Multipel Representasi Kimia pada Materi Asam Basa Kelas XI SMA/MA

Nugiasari, Veny (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Power Point-iSpring Terintegrasi Multipel Representasi Kimia pada Materi Asam Basa Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_VENY_NUGIASARI_16035079_3476_2020.pdf

Download (553kB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran Powerl'oint-ispring pada materi asam basa kelas XI SMA/MA ini terintegrasi multipel representasi kimia yang mana pemahaman siswa ditunjukkan oleh kemampuannya untuk mentransfer dan menghubungkan tiga level representasi kimia yaitu, makroskopik, submikroskopik dan simbolik. Interkoneksi ketiga level representasi ini merupakan kunci pokok dalam memecahkan permasalahan kimia, salah satunya pada materi asam basa. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Powerl'oint- iSpring terintegrasi multipel representasi kimia pada materi asam basa kelas XI SMA/MA. Jenis penelitian mi dikembangkan menggunakan Research and Development (R&D). Model 4D adalah model yang digunakan pada penelitian ini yang terdiri dari 4 tahap yakni tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Instrumen penelitian yang digunakan yakni berupa angket dari lembar validasi. Data hasil validasi diolah dengan menggunakan teknik Aiken's V. Nilai rata-rata V yang diperoleh dengan menggunakan teknik Aiken's V sebesar 0,90 dengan kategori valid. Hasil analisis data uji validitas tersebut dapat diketahui bahwa media pembelajaran PowerPoint-iSpring terintegrasi multipel representasi kimia pada materi asam basa kelas XI SMA/MA sudah valid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 Feb 2021 02:35
Last Modified: 26 Feb 2021 02:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30174

Actions (login required)

View Item View Item