Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa

Zainal, Rahmy Seba (2020) Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_RAHMY_SEBA_ZAINAL_1100559_366_2020.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih adanya hasil belajar siswa yang rendah. Salah satu indikator atau penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan motivasi belajar , (2) mendeskripsikan hasil belajar siswa, dan (3) menguji hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dengan pendekatan deskriptif dan korelasional. Populasi penelitian adalah siswa SMA Negeri 4 Solok berjumlah 540 siswa. Dengan sampel sebanyak 228 siswa, terdiri dari kelas X, XI, dan XII yang dipilih dengan teknik proportional stratified random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket. Data dianalisis dengan teknik presentase dan untuk melihat hubungan kedua variabel menggunakan Pearson Correlation Product Moment, dengan bantuan aplikasi SPSS for windows versi 20.0 Hasil penelitian ditemukan (1) secara umum motivasi belajar berada pada kategori sedang, (2) secara umum hasil belajar siswa berada pada kategori sedang, dan (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa dengan rxy = 0,150 dan taraf signifikansi 0,023. Artinya semakin tinggi motivasi belajar siswa maka akan semakin tinggi pula hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 24 Feb 2021 01:40
Last Modified: 24 Feb 2021 01:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30158

Actions (login required)

View Item View Item