Farhani, Atika (2021) Pelayanan Dokumen Kependudukan melalui Sistem PADUKO di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang Panjang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_5_ATIKA_FARHANI_16042002_4017_2021.pdf Download (917kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas pelayanan dokumen kependudukan melalui sistem PADUKO di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kata Padang Panjang. Latar belakang penelitian ini adalah ditemukannya permasalahan-permasalahan dalam sistem pelayanan dokumen kependudukan online Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kata Padang Panjang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deksriptif kualitatif. Teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling. Informan dalam penelitian ini adalah TIM pelaksana Pelayanan Dokumen Kependudukan Online serta masyarakat Kata Padang Panjang yang belum dan sudah menggunakan PADUKO. pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Dalam hal Efektivitas sistem PADUKO dapat dilihat dari pencapaian Ketepatan Sasaran Program, Sosialisasi Program, Tujuan Program, Pemantauan Program. Dimana dalam ketepatan sasaran program PADUKO sudah tepat sasaran ditujukan kepada masyarakat Kata Padang Panjang, meskipun belum merata kesemua kalangan. Dalam sosialisasi program dapat dikatakan sudah tercapai, hal ini dapat dilihat dari temuan dilapangan bahwa Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kata Padang Panjang telah melalukan sosialisasi berupa pembagian brosur, sms broadcast, video tron, serta mengenalkan PADUKO melalui media sosial. Dalam hal tujuan program sistem PADUKO belum dapat beradaptasi di kalangan masyarakat sepenuhnya karna banyak masyarakat yang berusia lanjut tidak paham cara menggunakan PADUKO dan lebih memilih menggunakan layanan manual dengan cara datang langsung ke Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kata Padang Panjang, hal ini dikarenakan tidak semua masyarakat melek akan teknologi yang ada dan kebiasaan masyarakat yang sulit untuk diubah karna masyarakat sudah terbiasa dengan SOP pelayanan secara manual/konvensional. Dalam hal pemantauan program Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kata Padang Panjang bekerjasama dengan Programmer Dinas Komunikasi dan Informasi Kata Padang Panjang berupaya untuk mengevaluasi dan melakukan pembaruan dari sistem PADUKO agar pelayanan dokumen kependudukan online ini dapat beradaptasi di tengah masyarakat Kata Padang Panjang serta agar lebih userfrendly untuk memudahkan masyarakat dalam menggunakan PADUKO.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1 |
Depositing User: | Mutia Farida |
Date Deposited: | 23 Feb 2021 06:24 |
Last Modified: | 23 Feb 2021 06:24 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30137 |
Actions (login required)
View Item |