Pengembangan Bahan Ajar Fisika Materi Fluida Terintegrasi Literasi Baru dan Bencana Untuk Meningkatakn Hasil Belajar Siswa Kelas XI.

Firmonia, Nurul Azkia (2021) Pengembangan Bahan Ajar Fisika Materi Fluida Terintegrasi Literasi Baru dan Bencana Untuk Meningkatakn Hasil Belajar Siswa Kelas XI. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_NURUL_AZKIA_FIRMONIA_16033024_242_2020.pdf

Download (700kB) | Preview

Abstract

Revolusi industri 4.0 yang dihadapi sekarang berbasis keterampilan abad 21. Keterampilan abad 21 berupa keterampilan berliterasi untuk menghadapi era digitalisasi. Kurikulum 2013 merupakan salah satu upaya pemerintah dalam menyambut revolusi 4.0 ini. Tujuan dari kurikulum 2013 adalah untuk meningkatkan kompetensi siswa. Kenyataan yang ditemukan di lapangan, penerapan literasi dalam pembelajaran masih rendah. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan mengembangkan bahan ajar fisika terintegrasi literasi baru dan bencana. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan validitas, prak­ tikalitas, dan efektivitas bahan ajar fisika terintegrasi literasi baru dan bencana. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Research dan Development (R&D). Objek penelitian adalah bahan ajar fisika materi fluida terintegrasi literasi baru dan bencana. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar angket uji validitas, praktikalitas, dan efektivitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji perban­ dingan berkorelasi, dan uji tertanda wilcoxon. Dari analisis data penelitian dapat dinyatakan tiga hasil dari penelitian. Pertama bahan ajar fisika materi fluida terintegrasi literasi baru dan bencana berada pada kriteria baik sekali dengan nilai rata­rata 86,27. Kedua, penggunaan bahan ajar fisika materi fluida bermuatan literasi baru dan bencana menurut guru berada pada kriteria baik sekali dengan nilai rata­rata 83,65. Menurut siswa penggunaan bahan ajar fisika materi fluida terintegrasi literasi baru dan bencana berada pada kriteria baik dengan nilai rata­rata 79,52. Ketiga, penggunaan bahan ajar fisika materi fluida adalah efektif dalam pendekatan saintifik untuk meningkatkan keterampilan literasi data dan berkomunikasi siswa. Jadi, dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa bahan ajar fisika materi fluida terintegrasi literasi baru dan bencana adalah valid, praktis, efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:42
Last Modified: 05 Apr 2021 00:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30106

Actions (login required)

View Item View Item