Penerapan Multimedia Interaktif Dalam Mengenal Benda di Lingkungan Sekitar Untuk Anak Tunarungu

Wahyuni, Zainatul (2020) Penerapan Multimedia Interaktif Dalam Mengenal Benda di Lingkungan Sekitar Untuk Anak Tunarungu. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_ZAINATUL_WAHYUNI_15003143_1240_2020.pdf

Download (62kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di SLB Wacana Asih Padang pada anak tunarungu kelas II. Terdapat tiga orang siswa mengalami masalah dalam mengenal nama-nama benda di lingkungan sekitar yaitu bola, boneka, foto, gunting, hadiah, kursi, buku, bunga, meja, motor, mobil, pensil, sapu, kulkas, sepeda, dan tas. Selama ini guru hanya menggunakan media gambar saja untuk mengenalkan nama-nama benda di lingkungan sekitar. Sehingga siswa masih mengalami kesulitan dalam mengenal nama-nama benda di lingkungan sekitar. Untuk mengatasi hal tersebut, peneliti bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal nama-nama benda di lingkungan sekitar melalui penerapan multimedia interaktif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari II siklus. Setiap siklus terdiri dari empat kali pertemuan tatap muka dan setiap pembelajaran dilakukan evaluasi, siklus yang dilaksanakan dalam beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) proses pembelajaran mengenal nama-nama benda di lingkungan sekitar dilakukan dengan penerapan multimedia interaktif. 2) kemampuan mengenal nama-nama benda di lingkungan sekitar untuk anak tunarungu kelas II meningkat melalui penerapan multimedia interaktif. hal ini dapat dilihat dari data sebelum tindakan kemampuan anak dalam 32 indikator mengenal nama-nama benda di lingkungan sekitar yakni: AQ 34%, MU 31%, dan ST 28%. Sedangkan pada akhir siklus I kemampuan ketiga siswa meningkat yaitu AQ 65,6%, MU 65,6, dan ST 53%. Pada siklus II kemampuan AQ meningkat menjadi 96,8%, MU meningkat menjadi 93,75%, dan ST meningkat menjadi 87,5. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan multimedia interaktif dapat meningkatkan kemampuan mengenal benda di lingkungan sekitar untuk anak tunarungu kelas II di SLB Wacana Asih Padang. Disarankan kepada gutu kelas untuk dapat menggunakan media pembelajaran multimedia interaktif ini dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Feb 2021 01:41
Last Modified: 22 Feb 2021 01:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30090

Actions (login required)

View Item View Item